Hot Borneo

Musim Haji, Intensitas Penumpang Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Melonjak

Intensitas penumpang Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), melonjak pesat saat musim haji.

Featured-Image
Penumpang bandara Internasional Syamsudin Noor melonjak di musim haji. Foto-apahabar.com/Fida

bakabar.com, BANJARBARU - Intensitas penumpang Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), melonjak pesat saat musim haji.

Sebab, Embarkasi Haji Kalsel dan Kalteng terpusat berangkat melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin.

Kloter pertama calon jemaah haji Kalsel diberangkatkan kemarin, Selasa (29/5/2023) menggunakan pesawat jenis A330-300 Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 8101.

Dalam penerbangan ini total sebanyak 327 calon jemaah haji terbang dari Banua menuju Madinah. Peningkatan penumpang sekitar 500 orang per hari.

"Jika biasanya hanya 3-4 ribu, sekarang 3.500 sampai 4.500 dalam sehari," ujar Humas Bandara Internasional Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian, Selasa (30/5/2023).

Sementara GM Bandara Internasional Syamsudin Noor, Dony Subardono mengaku bersyukur dapat kembali menjadi bagian proses ibadah haji.

"Total sebanyak 5.515 jemaah akan diberangkatkan pada rentang waktu 29 Mei hingga 21 Juni 2023 dan debarkasinya nanti pada 09 Juli sampai dengan 02 Agustus 2023," papar Dony.

Sebagai upaya untuk memberikan layanan terbaik, pihaknya telah memastikan fasilitas kebandarudaraan dan para personel dalam kondisi yang prima.

Selain itu, komunikasi dan koordinasi aktif terus dijalin dengan pihak-pihak terkait, seperti Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Imigrasi, maskapai, Perum DAMRI, dan instansi lain yang terkait untuk kelancaran embarkasi dan debarkasi.

Untuk memudahkan jamaah haji dalam proses boarding, pihaknya memberikan layanan screening pemeriksaan keamanan di Asrama Haji Banjarmasin.

Setelah proses tersebut dilalui, rombongan jamaah haji diantarkan menggunakan 10 unit bus secara beriringan dari Asrama Haji Banjarmasin menuju Bandara Internasional Syamsudin Noor.

"Melalui proses ini, para jamaah haji dapat langsung memasuki pesawat melalui sisi udara," tuturnya.

"Jemaah haji tahun ini meningkat 122 persen dibanding tahun sebelumnya. Intensitas penumpang ikut naik," tandas Dony.

Editor
Komentar
Banner
Banner