Musim Di Kalsel

Mulai Diguyur Hujan, BMKG: Kalsel Masih Musim Kemarau

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan Kalimantan Selatan masih memasuki musim kemarau, meski dalam sepekan terakhir Kalsel diguyur h

Featured-Image
Hujan di Banjarbaru, Selasa (18/10). Foto-apahabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan Kalimantan Selatan masih memasuki musim kemarau, meski dalam sepekan terakhir Kalsel diguyur hujan.

"Berdasarkan data klimatologis, wilayah Kalsel berada pada musim kemarau," terang Prakirawan Stamet Syamsudin Noor, Adhitya Prakoso, Rabu (18/10).

Meski begitu, Adhitya menerangkan musim kemarau tidak berarti tidak hujan sama sekali. Sebab, hujan yang turun dalam seminggu terakhir tersebut merupakan hal yang normal dan wajar.

Baca Juga: Lagi, Hujan Kembali Mengguyur Kalsel

Adhitya tidak menampik, Kalsel saat ini sudah mulai memasuki musim peralihan. Hal tersebut terlihat dari beberapa wilayah Kalsel yang akan memasuki awal musim penghujan di pertengahan bulan November mendatang.

Ia memaparkan hujan yang terjadi dalam seminggu terakhir karena kelembaban udara yang terjadi cukup tinggi di lapisan atmosfer sekitar Kalsel.

Kondisi tersebut juga didukung dengan adanya gangguan atmosfer Rosby dan Kelvin di wilayah Kalsel. Dengan begitu semakin menjadikan peningkatan potensi terjadinya awan hujan.

Editor


Komentar
Banner
Banner