Pemprov Kalsel

Mulai Besok, Kalsel Gelar Pasar Murah Minyak Goreng dan Gula Saat Ramadan

Dinas Perdagangangan (Disdag) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar pasar murah minyak goreng dan gula pasir, mulai besok, saat Ramadan 1444 Hijriah.

Featured-Image
Tekan inflasi, Pemprov Kalsel gelar pasar murah di Banjarmasin beberapa waktu lalu. Foto-MC Kalsel

bakabar.com, BANJARMASIN - Dinas Perdagangangan (Disdag) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar pasar murah minyak goreng dan gula pasir, mulai besok, saat Ramadan 1444 Hijriah.

Pasar murah dua komoditas itu digelar di 13 kabupaten/kota selama hampir satu bulan.

"Pasar murah dua komoditas itu berlangsung rentang tanggal 23 Maret hingga 18 April 2023, bergilir di 13 kabupaten/kota di Kalsel," kata Plt Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel, Dwi Ayu Mariati di Banjarmasin, Rabu.

Pasar murah digelar untuk menjaga kestabilan harga minyak goreng dan gula pasir, sehingga tidak terjadi peningkatan inflasi di Kalsel.

Pada bulan lalu, kenaikan inflasi di Kalsel yang sekitar 6,11 persen.

Adapun jumlah kedua komoditas akan diedarkan di setiap gelaran pasar murah tersebut, yakni minyak goreng sebanyak 2.400 liter dan gula pasir sebanyak satu ton.

"Harga minyak goreng dijual Rp12 ribu per liter dan gula pasir juga dijual Rp12 ribu per kilogram," tutur Dwi Ayu.

Fokus pasar murah kata dia di wilayah tertinggi angka inflasi seperti Kota Banjarmasin, Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tabalong.

Dwi Ayu pun menyampaikan kegiatan ini juga sesuai instruksi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Operasi pasar murah terus diintensifkan untuk semua kebutuhan pokok apalagi di saat Ramadan.

Kebutuhan masyarakat terhadap bahan pokok di saat bulan Ramadan ini diperkirakan meningkat, hingga harus terus dijaga stok kebutuhan pokok dan harganya tidak sampai melambung tinggi.

"Ini sebagian upaya pemerintah untuk meringankan beban masyarakat yang menjalankan ibadah puasa," ujarnya.

Baca Juga: Harga Sembako Merangkak Naik, Disdag Kalsel Ungkap Biang Keroknya

Editor


Komentar
Banner
Banner