Borneo Hits

Muhidin dan Ibnu Sina Diunggulkan di Pilgub Kalsel Versi LSPP

H Muhidin dan Ibnu Sina diunggulkan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan 2024 berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Politik dan Pemerintahan.

Featured-Image
H Muhidin dan Ibnu Sina diunggulkan dalam Pilgub Kalsel 2024 berdasarkan hasil survei LSPP. Foto: Adpimprov Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - H Muhidin dan Ibnu Sina diunggulkan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan 2024 berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Politik dan Pemerintahan (LSPP).

Muhidin yang masih menjabat Wakil Gubernur Kalsel, menduduki posisi pertama sebagai tokoh yang diharapkan menjadi pemimpin Banua ke depan. Muhidin diinginkan oleh sedikitnya 24,07 persen responden.

Sedangkan Ibnu Sina menempati peringkat kedua. Wali Kota Banjarmasin ini diharapkan 15,90 persen. Elektabilitas Ibnu disusul Hasnuryadi Sulaiman dengan 11,57 persen.

Denny Indrayana di peringkat keempat dengan 6,79 persen, diikuti Rosehan Noor Bahri 5,71 persen dan Zairullah Azhar 5,56 persen.

Muhammad Rifqinizamy Karsayuda yang juga menyatakan siap maju di Pilgub Kalsel 2024, hanya memperoleh 3,40 persen atau menempati urutan delapan besar.

"Survei dilakukan sejak 26 Februari sampai 3 Maret 2024. Adapun jajak pendapat yang dilakukan LSPP menggunakan metode kualitatif atau wawancara secara langsung dengan responden," papar Safa Muzdalifah, Direktur LSPP.

"Kami tidak menyodorkan nama-nama kandidat, karena hanya bertanya gubernur harapan responden," tukasnya.

Jumlah sampel yang diambil LSPP sebanyak 1.074 responden dari 13 kabupaten/kota di Kalsel.
Sementara Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kalsel adalah sebanyak 3.025.220 orang.

LSPP sendiri diisi sejumlah akademisi dari Universitas Lambung Mangkurat. Mereka mengeklaim survei elektabilitas tersebut diharapkan berkontribusi dalam pesta demokrasi di Kalsel.

Editor
Komentar
Banner
Banner