Serba-serbi Mudik

Mudik Lebaran Butuh Persiapan Matang, Berikut 7 Tipsnya

Ramadan adalah waktu merekatkan hubungan tali persaudaraan. Biasanya, setelah 30 hari menjalankan ibadah puasa, umat Muslim akan melakukan mudik untuk berjumpa

Featured-Image
Ilustrasi mudik. Foto: Kompas.

bakabar.com, JAKARTA - Salah satu tradisi tahunan masyarakat Indonesia dalam merayakan hari lebaran Idulfitri adalah mudik ke kampung halaman.

Dalam melakukan mudik, pastinya sangat banyak sekali yang mesti diperhatikan. Terlebih mudik ke jauh tempat.

Bagi Anda yang telah merencanakan mudik, pastinya memiliki rencana yang matang.

Namun bagi kamu yang belum memiliki rencana yang matang tak perlu risau. Berikut tips persiapan mudik lebaran agar perjalanan aman dan nyaman.

1. Pastikan Keuangan untuk Mudik Cukup

Ilustrasi. Foto-net
Ilustrasi. Foto-net

Baik mudik ke tempat yang jauh dan dekat, tentu memerlukan biaya, terlebih mudik bersama keluarga. Khusus untuk Anda yang ingin melakukan mudik, pastikan keuangan untuk mudik cukup.

Lakukan perencanaan terhadap akomodasi perjalanan dan sesuaikan dengan kemampuan finansial yang ada. Jangan pernah memaksakan diri untuk menaiki transportasi yang tak sesuai keuangan.

Sebab, perjalanan mudik bukan satu-satunya yang menghabiskan banyak biaya. Anda harus paham kebutuhan seperti berbagi THR kepada anak-anak kecil juga menguras kantong.

2. Jaga Kondisi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi. Foto-net
Ilustrasi. Foto-net

Kemacetan sewaktu melakukan mudik sangatlah umum terjadi. Bahkan macet yang sangat panjang hingga puluhan kilometer kerap terjadi.

Selain menempuh perjalanan yang jauh, dengan kondisi jalanan yang macet pastinya menguras tenaga. Kondisi tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terserang penyakit.

Bagi Anda yang akan merencanakan mudik, diharap menjaga kondisi kesehatan tubuh.

3. Periksa Keamanan Rumah

Ilustrasi. Foto-net
Ilustrasi. Foto-net

Mudik pastinya memakan waktu yang lama. Melakukan mudik pastinya meninggalkan rumah untuk beberapa waktu.

Banyak kasus rumah dibobol maling ketika bermudik. Kamu perlu memastikan kondisi keamanan rumah sebelum mudik.

Periksa semua pintu rumah terkunci, tidak ada barang elektronik yang masih menyala, dan melepas regulator gas dari tabungnya sebelum bermudik.

4. Membawa Bekal

Ilustrasi. Foto-net
Ilustrasi. Foto-net

Mudik selalu dilakukan orang dengan waktu yang hampir secara bersamaan. Selain padatnya lalu lintas, mudik juga membuat sejumlah tempat istirahat padat.

Salah satu tempat istirahat tersebut adalah tempat makan. Bagi Anda yang akan bermudik, lebih baik membawa bekal. Selain menghemat keuangan, membawa bekal saat bermudik juga membuat kondisi tubuh tetap terjaga.

5. Membawa Barang Secukupnya

Ilustrasi. Foto-net
Ilustrasi. Foto-net

Tak lengkap rasanya bermudik tanpa membawa oleh-oleh. Ada rasa bangga apabila membawa oleh-oleh untuk banyak orang di kampung halaman.

Namun, perlu diketahui bahwa membawa oleh-oleh dalam jumlah yang besar dan melebihi kapasitas yang bisa dibawa dapat membahayakan waktu mudik.

Ada baiknya membawa barang secukupnya agar perjalanan jadi lebih nyaman, termasuk membawa oleh-oleh.

6. Tentukan Rute Perjalanan

Ilustrasi. Foto-net
Ilustrasi. Foto-net

Tips satu ini hanya berguna bagi kamu yang akan menggunakan kendaraan pribadi sebagai akomodasi bermudik. Pastikan telah menentukan rute perjalanan.

Maksudnya, harus memahami peluang rute jalan yang aman dilalui. Selain itu menentukan rute jalan yang longgar dilalui pengemudi lain adalah hal penting sewaktu bermudik.

Bahkan, memastikan rute perjalanan mudik terlebih dahulu berguna agar tidak tersesat.

7. Pesan Tiket Jauh-jauh Hari

Ilustrasi. Foto-net
Ilustrasi. Foto-net

Tips terakhir ini hanya ditujukan bagi kamu yang akan menggunakan transportasi umum seperti bis, pesawat, kereta, dan kapal.

Beberapa bulan sebelum Ramadan, banyak pihak penyedia transportasi umum antarkota dan provinsi akan mulai menjual tiket.

Memesan tiket jauh-jauh hari sebelum bermudik bisa dilakukan. Sebab, semakin mendekati hari lebaran, harga tiket akan semakin mahal, bahkan bisa kehabisan tiket.

Nah, itulah tips persiapan mudik Lebaran agar perjalanan aman dan nyaman. Semoga bermanfaat.

Editor
Komentar
Banner
Banner