News

MPR dan Wantimpres Sepakat Hadapi Bersama Krisis Global

MPR dan Wantimpres sepakat hadapi bersama krisis global

Featured-Image
Bambang Soesatyo saat menerima kedatangan Wantimpres di Gedung MPR. Foto: apahabar.com/Ariyan Rastya.

bakabar.com, JAKARTA - MPR dan Wantimpres sepakat untuk bersama-sama menghadapi bersama krisis global. Krisis yang disebabkan Pandemi Covid-19, Konflik Rusia-Ukraina, hingga ketegangan antara China-Taiwan.

"Untuk bersama-sama menghadapi krisis global yang semakin tidak menentu,” ujar Ketua MPR Bambag Soesatyo (Bamsoet), Senin, (10/10).

Hal itu disepakati Bamsoet saat menerima kunjungan dari Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Kunjungan itu dalam rangka menghimpun berbagai masukan mengenai isu-isu strategis yang menjadi perhatian Pimpinan MPR untuk disampaikan kepada Presiden.

Menurutnya, Indonesia harus mempersiapkan diri agar bisa mengantisipasi dampak krisis global sejak saat ini. Antisipasi perlu,  agar tidak mengganggu stabilitas dan kondusifitas dalam negeri.

“Juga bisa memperlancar pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 sesuai tahapan yang telah ditentukan," kata Bamsoet.

Dalam pertemuan itu, antara MPR maupun Wantimpres ingin menyamakan persepsi  kedua lembaga mengenai berbagai isu global maupun dalam negeri.

Adapun isu yang diangkat antara lain antisipasi krisi global yang bisa mengakibatkan krisis pangan, energi, dan finansial. Pertemuan itu sekaligus mengevaluasi sistem demokrasi pelaksanaan pemilu dan pilkada.

MPR dan Wantimpres memiliki kesamaan pandangan bahwa demokrasi Indonesia yang berpijak pada demokrasi Pancasila, jangan sampai dibajak. 

Jangan sampai dibajak oleh angka-angka yang menjurus kepada demokrasi konglomerasi dan kapitalisasi, dan berujung kepada oligarki.

Keduanya juga sepakat untuk melakukan kajian mendalam tentang Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan melibatkan berbagai pakar dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi.

 Kajian diperlukan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pilkada langsung memberikan manfaat kepada rakyat. Atau jangan-jangan justru lebih banyak memberikan mudarat.

Untuk merealisasikan tujuan tersebut, baik Legislatif maupun Eksekutif akan bekerjasama dengan beberapa influencer ternama seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar, dan Deddy Corbuzier, dan lain lain.

"Menggunakan media sosial, sehingga bisa menyentuh generasi z dan milenial,” ungkap Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu.

Jajaran Wantimpres yang hadir antara lain, Ketua Wantimpres Jenderal TNI (purn) Wiranto. Wiranto hadir bersama para anggota lainnya yakni Putri K. Wisnu Wardani, Agung Laksono, dan Sidarto Danusubroto, serta Soekarwo.

Sementara pimpinan MPR yang hadir antara lain, Yandri Susanto, Arsul Sani, dan Fadel Muhammad.

Editor


Komentar
Banner
Banner