Sport

MotoGP 2021 di Indonesia Batal, Diundur Maret 2022

apahabar.com, JAKARTA – Penggemar MotoGP di Indonesia dipastikan harus bersabar untuk menyaksikan langsung balap motor elit…

Featured-Image
Semua pembalap MotoGP 2021 yang dijadwalkan mengikuti tes di Sirkuit Mandalika. Foto: Republika

bakabar.com, JAKARTA – Penggemar MotoGP di Indonesia dipastikan harus bersabar untuk menyaksikan langsung balap motor elit dunia itu di negara sendiri.

Dorna Sports selaku promotor dan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) memutuskan menunda MotoGP Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Keputusan itu diambil setelah mereka melakukan inspeksi, Rabu (7/4). Salah satu alasan penundaan adalah pandemi Covid-19.

“Target untuk Sirkuit Mandalika adalah tetap menggelar World Superbike yang berlangsung 14 November 2021,” demikian pernyataan resmi Dorna Sports dan FIM seperti dilansir CNN, Jumat (9/4).

“Namun karena pandemi Covid-19, semua pihak setuju untuk menggelar MotoGP Indonesia di paruh pertama musim 2022,” sambung keterangan tersebut.

Andai benar digelar di paruh pertama musim, berarti MotoGP Indonesia berlangsung sekitar Maret 2022.

Dengan demikian, MotoGP Indonesia berpeluang menjadi seri-seri awal. Biasanya MotoGP dimulai setiap Maret di Qatar.

Kendati batal mementaskan salah satu seri di musim 2021, Dorna Sports dan FIM membuka kemungkinan menggelar tes di Sirkuit Mandalika.

Adapun peserta yang mengikuti tes adalah pebalap MotoGP. Tes itu dijadwalkan seusai rangkaian seri di Asia Tenggara

“Seusai rangkaian seri di Asia Tenggara menjelang akhir MotoGP 2021, kami mengupaya dilakukan tes di Sirkuit Mandalika sebagai persiapan menghadapi musim 2022,” tambah pernyataan resmi Dorna Sports dan FIM.

Adapun rangkaian MotoGP di Asia Tenggara berlangsung di Thailand dan Malaysia. Sementara peluang terbaik tes di Sirkuit Mandalika berlangsung pertengahan Oktober 2021 atau awal November 2021.

Sementara Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengembang Sirkuit Mandalika, menyambut positif putusan Dorna dan FIM.

“Seiring kepastian jadwal penyelenggaraan, kami memastikan tetap fokus menyelesaikan pembangunan Sirkuit Mandalika,” ungkap Abdulbar Mansoer, Direktur Utama ITC.

Sebelumnya MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika masih menjadi satu-satunya seri cadangan di kalender MotoGP 2021.

“Kami juga memiliki banyak kesempatan memaksimalkan potensi yang diperoleh dari event olahraga kelas dunia ini,” tandas Abdulbar.

img

Salah satu sudut Sirkuit Mandalika yang masih dalam proses pembuatan untuk menyambut MotoGP 2022. Foto: Antara



Komentar
Banner
Banner