Peristiwa & Hukum

Mobil Dikendarai Kapolsek Katingan Hulu Terjun ke Sungai, Seorang Warga Tenggelam

Diduga rem blong saat hendak menaiki Kapal Ferry Penyeberangan, sebuah mobil yang dkendarai Kapolsek Katingan Hulu, Ipda Ali Harahap terjun ke sungai Katingan.

Featured-Image
Koban Iyo alias Bapak Ita bersama Supir Travel, Sandai, berenang di arus Sungai Katingan yang cukup deras, berupaya menyelamatkan Kapolsek Katingan Hulu, Iptu Ali Harahap yang terjebak didalam mobil yang tercebur. Akibat insiden ini, Iyo dikabarkan tenggelam. Minggu (24/6/2024). Foto : Istimewa

bakabar.com, KATINGAN - Diduga rem blong saat hendak menaiki ferry penyeberangan, sebuah mobil yang dkendarai Kapolsek Katingan Hulu, Ipda Ali Harahap terjun ke Sungai Katingan, di Desa Rantau Asem, Kecamatan Katingan, Kabupaten Katingan, Kalteng, Minggu (23/6/224), sekitar pukul 14.30 WIB.

Dalam insiden tersebut, seorang warga pemilik mobil bernama Iyo tenggelam akibat kelelahan saat berupaya menyelamatkan Ali Harahap yang saat itu terjebak didalam mobil.

Berdasarkan informasi yang diterima media ini, insiden tersebut terjadi ketika Mobil yang dikemudikan oleh Kapolsek Katingan Hulu, Ipda Ali Harahap mau turun ke ferry penyebrangan rantau asem, tiba-tiba mobil tidak bisa dikendalikan diduga rem blong dan langsung melaju tercebur ke sungai.

Melihat hal tersebut, pemilik Iyo alias Bapak Ita spontan terjun ke sungai untuk membantu Ali Harahap yang terjebak didalam mobil dengan keadaan kaca tertutup rapat.

Iyo dibantu oleh Sandai seorang supir travel yang berusaha menarik mobil ke tepian sungai, namun karena kelelahan sehingga mengakibatkan Iyo tenggelam, sedangkan Ali Harahap bisa menyelamatkan diri dengan cara memecahkan kaca.

Mendapatkan laporan insiden itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Palangka Raya, langsung bergerak dengan menerjunkan tim menuju lokasi untuk segera melakukan pencarian korban.

"Setelah menerima laporan Minggu (23/6) sekitar pukul 16.30 WIB, kami langsung terjunkan satu Search and Rescue Unit (SRU)," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya, AA Alit Supartana, Senin (24/6/2024).

Persiapan Tim SAR melakukan pencarian korban pemilik mobil yang tenggelam di Sungai Katingan. Senin (24/6/2024). Foto : Basarnas Kalteng
Persiapan Tim SAR melakukan pencarian korban pemilik mobil yang tenggelam di Sungai Katingan. Senin (24/6/2024). Foto: Basarnas Kalteng

Setelah dilakukan pencarian hampir 24 jam, akhirnya pada pukul 12.20 WIB, Korban Iyo ditemukan tim SAR sekitar kurang lebih 100 Meter dari titik awal korban tenggelam, Dalam keadaan meninggal dunia. 

"Korban telah ditemukan dan dievakuasi kerumah duka untuk diserahkan ke pihak keluarga," ungkap Alit Supartana

"Dengan diketemukannya korban dan telah dievakuasi, maka secara resmi Operasi SAR dinyatakan ditutup dan semua unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," imbuhnya.

Tim SAR saat mengevakuasi jenazah korban yang tenggelam di sungai katingan. Senin (24/6/2024). Foto : Basarnas Kalteng.
Tim SAR saat mengevakuasi jenazah korban yang tenggelam di sungai katingan. Senin (24/6/2024). Foto: Basarnas Kalteng

Unsur SAR yang terlibat dalam pencarian diantaranya, Rescuer KPP Palangka Raya, Polsek Katingan Hulu, Koramil Tumbang Samba, BPBD Katingan, masyarakat sekitar dan keluarga korban.

Editor


Komentar
Banner
Banner