Gaya Hidup

Mitos dan Fakta Buah Durian, yang Terakhir Ternyata Sering Dilakukan

Terkenal dengan rasanya yang manis dan baunya yang khas, tak sedikit orang yang gemar makan buah durian.

Featured-Image
Terkenal dengan rasanya yang manis dan baunya yang khas, tak sedikit orang yang gemar makan buah durian. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Terkenal dengan rasanya yang manis dan baunya yang khas, tak sedikit orang yang gemar makan buah durian.

Namun ada sebagian orang mungkin tidak suka durian lantaran bau aromanya yang menyengat. Selain itu ada juga yang menghindarinya karena masalah kesehatan.

Namun tahukah ternyata beredar isu mitos dan fakta tantang buah durian? Dilansir seputarlampung.com, berikut mitos dan fakta tentang buah durian.

1. Memicu Kolesterol

Banyak yang beranggapan bahwa buah durian dapat membuat kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat. Ternyata ini tidaklah benar sepenuhnya. Durian tidak mengandung kolesterol.

Justru malah sebaliknya, durian banyak mengandung nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh. Seperti kalium, kalsium, lemak, zat besi, asam folat, Vitamin B, Vitamin C, serat, dan lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

2. Menaikan Berat Badan

Sebuah durian dengan berat 40 gram, mengandung sekitar 54 kalori. Jika memakan durian dengan berat satu kilogram, artinya jumlah kalori yang masuk adalah sebanyak 1350.

Sementara jatah kalori harian orang dewasa adalah 68 persen dari jumlah yang dianjurkan, yaitu 2000 kalori per hari.

Nah, jadi yang menyebabkan kenaikan berat badan bukan duriannya, namun porsi mengonsumsinya dalam sehari.

3. Bisa Meningkatkan Libido

Durian dapat membantu meningkatkan libido pria adalah mitos. Namun mengonsumsinya memang bisa meningkatkan suhu di dalam tubuh.

4. Panas Durian Bisa Ditangkal dengan Manggis

Sampai saat ini belum ada peneitian yang menyatakan bahwa manggis mampu menetralkan suhu panas di dalam tubuh akibat buah durian.

5. Minum Air di Kulit Durian

Hal ini hanya sekadar mitos. Karena pada dasarnya air putih memang bagus dalam mengatasi efek panas pada tubuh setelah makan durian.

Sampai saat ini tidak ada satu penelitian ilmiah yang menyatakan minum air putih yang menggunakan kulit durian bisa mencegah mabuk durian.

Jika tiba-tiba mabuk saat makan durian, segeralah minum air putih dengan wadah minum umumnya.

Demikianlah fakta dan mitos seputar durian. Namun harus diingat, durian adalah buah kaya manfaat dan makanlah secukupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner