Tak Berkategori

Meriahkan Tahun Baru 2022, Warga Kalampayan Astambul Panjat Pinang

apahabar.com, MARTAPURA – Menyambut tahun baru 2022, warga Desa Kalampayan Tengah, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Kalsel…

Featured-Image
Meriahkan tahun baru 2022, warga Desa Kalampayan Tengah, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar mengadakan perlombaan di antaranya panjat pohon pinang, Sabtu (1/1). Foto-apahabar.com/Istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA - Menyambut tahun baru 2022, warga Desa Kalampayan Tengah, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Kalsel menggelar perlombaan tradisional di antaranya panjat pohon pinang, Sabtu (1/1).

Berbagai perlombaan khas 17 Agustus diikuti warga setempat dengan meriah, mulai dari naik pinang, lomba lari karung, ngambil uang di buah jeruk, tarik tambang, joget, makan kerupuk hingga panjat pinang.

Warga tampak sangat antusias mengikuti perlombaan dan ramainya masyarakat setempat yang menonton menambah kemeriahan di tahun baru 2022.

Kegiatan ini dimulai sejak pagi dengan persiapan hingga habis Asar, dimana sebagai penutup adalah panjat pinang.

Untuk panjat pinang disediakan dua buah. Sedangkan hadiahnya seperti baju kaos, uang tunai, peralatan dapur, dan lainnya. Meski tidak ada hadiah yang mencolok tapi tidak mengurangi antusias warga mengikutinya.

Salah satu panitia lomba, Imam Firdaus mengatakan, lomba digelar secara swadaya oleh masyarakat setempat.

"Ini jadi hiburan bagi masyarakat di awal tahun baru, apalagi kan warga tidak bisa berwisata seperti biasanya karena banyak yang ditutup," ujarnya kepada bakabar.com.

Menurutnya, banyaknya antusias masyarakat terbukti dengan banyaknya yang turut menyumbang untuk lomba tersebut.

"Mulai dari masyarakat biasa dan ada juga donator," ungkapnya. Bahkan tambahnya lagi, tak sedikit warga yang memberikan "saweran" kepada peserta panjat pinang.

“Kegiatan seperti ini memang tiap tahun baru diadakan warga,” tutupnya.

Komentar
Banner
Banner