Kalsel

Meriahkan HKSN, Pemprov Kalsel Gelar Jambore Relawan Sosial Bergerak

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan menggelar Jambore Relawan Sosial Bergerak sebagai rangkaian kegiatan…

Featured-Image
Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Kalsel, Siswansyah saat menandatangani banner putih sebagai tanda pembukaan kegiatan. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan menggelar Jambore Relawan Sosial Bergerak sebagai rangkaian kegiatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang akan diperingati pada 20 Desember mendatang.

Pada kegiatan ini dihadiri Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Rahmat Kusnadi, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Syafi’i Nasution, Direktur Jaminan Sosial Keluarga M.O Royani, Isteri Gubenur Kalsel, Hj Raudatul Janah dan Asisten I bidang pemerintahan provinsi Kalsel, Siswansyah juga peserta dari Kalsel, Kaltim dan Kalteng.

Harry Hikmat mengatakan, peserta yang turut memeriahkan Jambore ini terdiri dari taruna siaga bencana, pelopor perdamaian, para sahabat Tagana termasuk pengelola kampung siaga bencana maupun SDM PKH.

“Ada sekitar 1.500 orang peserta yang mengikuti kegiatan jambore ini,” ujarnya saat ditemui awak media seusai pembukaan kegiatan Jambore Relawan Sosial Bergerak di Kebun Raya Banua, Banjarbaru.

Pada kegiatan Jambore ini dikatakannya, sebagai sarana saling bertukar pengalaman antar peserta.

“Bertukar informasi dan keterampilan dasar untuk menangani kebencanaan sosial dan alam yang bertujuan merekatkan relasi hubungan persaudaraan, kebersamaan, dan persatuan diantara para penggiat kemanusiaan,” lanjut Harry.

Sehingga timbullah rasa kebersamaan yang mana rasa itu penting dalam penanganan kebencanaan alam atau kegiatan sosial.

“Sehingga tidak dilakukan sendiri-sendiri dalam bekerja atau berkegiatan, dengan pola kebersamaan Insya Allah akan sangat membantu masyarakat dan lebih efektif dalam penanganan dan penanggulangan bencana,” jelasnya.

Direktur Jaminan Sosial Keluarga M.O Royani mengaku mengerahkan sebanyak 500 SDM PKH untuk mensukseskan kegiatan Jambore ini bersama relawan lainnya yang ikut terlibat dalam mensukseskan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS).

“Dalam rangkaian LBKS tahun ini seluruh SDM dan keluarga penerima manfaat PKH terlibat, rangkaian LBKS tahun ini juga diadakan graduasi dan penyerahan piagam kepada anak anak berprestasi KPM PKH,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten I bidang pemerintahan provinsi Kalsel, Siswansyah mewakili Pemerintah Provinsi Kalsel mengaku sangat mendukung kegiatan Jambore Relawan sebagai rangkaian HKSN tersebut.

“Apa yang disampaikan Pak Dirjen, sebagai perwakilan Pemprov Kalsel karena kegiatan ini Nasional kami sangat mengapresiasi dan menghargai apa yang dilakukan Kemensos RI di Kalsel,” singkatnya.

Terakhir, ia berharap, semua rangkaian kegiatan HKSN dapat berjalan lancar dan sukses.

Baca Juga: Mediasi Warga Antar Baru dan PT BPP Ditunda

Baca Juga: Walau Kecolongan Pungut Retribusi, Pariwisata di Kotabaru Melejit Naik

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner