Harjad Banjarmasin

Meriahkan Harjad Banjarmasin, Ratusan ASN Gelar Aksi Donor Darah

apahabar.com, BANJARMASIN – Puluhan Aparatur Sipil Negeri (ASN) Pemerintah Kota Banjarmasin merayakan rangkaian Hari Jadi ke…

Featured-Image
Puluhan Aparatur Sipil Negeri (ASN) Pemerintah Kota Banjarmasin mendonorkan darahnya pada rangkaian Hari Jadi Banjarmasin ke 493, Rabu (04/09). Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Puluhan Aparatur Sipil Negeri (ASN) Pemerintah Kota Banjarmasin merayakan rangkaian Hari Jadi ke 493 dengan menggelar aksi donor darah, Rabu (04/09).

Aksi donor darah berlangsung di halaman Balai Kota Banjarmasin. Aksi sosial kemanusiaan itu juga dibantu Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Banjarmasin.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, menerangkan kegiatan donor darah dilakukan karena kebutuhan masyarakat terhadap darah masih tinggi. Terlebih, stok darah sering kali kosong. Itu belum ditambah dengan sulitnya masyarakat mencari pendonor.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan agar PMI Banjarmasin punya stok darah cadangan,” ujarnya.

Di samping itu, ia juga mendorong para ASN untuk mendonorkan darahnya secara teratur. Hal itu dinilai perlu dilakukan karena donor darah bermanfaat untuk menjaga suplai darah yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan pasien yang membutuhkan transfusi.

“Mudahan-mudahan kegiatan ini bisa memberikan kesehatan bagi pendonor dan penerima,” terang mantan anggota DPRD Kalsel ini.

Panitia Kegiatan Donor Darah, Dewi Apriliana, menerangkan kegiatan ini telah dilaksanakan dua kali dalam momentum Harjad Banjarmasin.

“Karena pada Harjad Banjarmasin tahun lalu kami mengadakan acara serupa dan mendapatkan respon yang bagus,” ungkapnya.

Berdasarkan data suplai darah sumbangan sosial pendonor ASN Pemko Banjarmasin melebihi target kantong yang disiapkan. Diketahui, PMI di sana hanya menyediakan 150 kantong darah untuk memeriahkan Harjad Banjarmasin ke 493.

“Ada 164 pendonor di sana, rata-rata golongan darah AB paling sedikit, cuma 12 kantong saja,” tuturnya. (Adv)

Baca Juga: Harjad Banjarmasin ke-493, Panitia Tawarkan Berbagai Kegiatan

Baca Juga: Berkiblat pada Kewiraswastaan Baru, Kick Off Harjad Banjarmasin ke-493 Dimulai

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner