Hot Borneo

Meriah! Pesta Pantai Labuan Mas Kotabaru, Puluhan Peserta Ikuti Lomba Balap Perahu

apahabar.com, KOTABARU – Mappanretasi atau sering disebut nelayan dengan pesta pantai di Desa Labuan Mas, Kecamatan…

Featured-Image
Warga pesisir Desa Labuan Mas, Pulau Laut Selatan, Kotabaru, Kalsel, antusias mengikuti lomba balap perahu memeriahkan pesta laut. Foto : Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Mappanretasi atau sering disebut nelayan dengan pesta pantai di Desa Labuan Mas, Kecamatan Pulau Laut Selatan, Kotabaru, Kalsel, berlangsung sangat meriah, Sabtu (26/2).

Momen pesta pantai kali ini berjalan cukup meriah, sebab dirangkai pula dengan kegiatan lomba balap perahu yang diikuti oleh puluhan peserta.

Selain warga setempat, peserta dari desa-desa tetangga juga turut antusias mengikuti lomba balap perahu ini.

Sebelum lomba dimulai, warga Labuan Mas melakukan ritual ke laut sebagai tradisi dan sekaligus melestarikan adat dan budaya leluhur.

Usai prosesi sakral itu, panitia pun memulai kegiatan lomba balap perahu.

Lomba dimulai dari star titik pertama. Selanjutnya, masing-masing empat peserta balapan perahu berlaga di arena yang telah ditentukan panitia pelaksana pesta pantai.

Seluruh peserta diwajibkan mengelilingi arena sebanyak dua kali putaran.

Selanjutnya, dua orang peserta yang menang akan lolos lanjut ketahap selanjutnya. Sementara, peserta yang berada di posisi tiga dan empat, dinyatakan gugur.

Sementara, even lomba kali ini, juara pertama diraih oleh Bayu. Terbaik kedua diraih oleh Kren. Aco juara ke tiga, dan Madin, di juara ke empat.

Kepala Desa Labuan Mas, Duriansyah menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan peringatan pesta adat yang biasa di sebut Mappanretasi, atau pesta laut.

“Jadi, kami warga nelayan menggelar peringatan pesta laut ini sebagai bentuk syukur dari hasil tangkapan laut yang melimpah,” ujar Duriansyah.

Duriansyah bilang, peringatan pesta laut merupakan agenda rutin tahunan warga nelayan di Labuan Mas. Namun, beberapa tahun belakangan tidak bisa digelar lantaran terkendala pandemi Covid-19.

“Semoga pandemi ini segera berakhir, ekonomi segera pulih dan bangkit kembali,” harapnya.

Sementara, salah satu warga mengaku senang bisa turut melaksanakan peringatan pesta laut, meskipun digelar dengan cara gotong-royong.

“Tentu saja, kami sangat bersyukur tahun ini bisa melaksanakan pesta laut. Semoga tahun depan bisa dilaksanakan kembali, dan bisa disupport oleh pemerintah daerah kita,” harap Heriansyah.

Komentar
Banner
Banner