Wacana Kenaikan Gaji PNS

Menpan RB Azwar Anas Bantah Bahas Kenaikan Gaji PNS

Menpan RB Abdullah Azwar Anas buka suara soal wacana kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Featured-Image
MenpanRB, Abdullah Azwar Anas. Foto: apahabar com/Bambang S.

bakabar.com, JAKARTA -  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas buka suara soal wacana kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Hingga saat ini, Kemenpan RB belum melakukan pembahasan lebih lanjut terkait kenaikan gaji tersebut.

“Kita belum pernah bahas kenaikan gaji, kita bahas dalam PP (Peraturan Pemerintah) yang baru ini terkait tunjangan kinerja,” ujar Menpan RB Abdullah Azwar Anas kepada wartawan di Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Selasa (23/5).

Anas menjelaskan, saat ini Kemenpan RB berkoordinasi dengan Kemenkeu sedang membahas mekanisme pemberian tunjangan kinerja (tukin) ASN. Pembahasan tukin dinilai lebih penting untuk meningkatkan kinerja.

Baca Juga: Kepastian Gaji PNS Naik di 2024, Kemenkeu: Tunggu Arahan Presiden

Dalam aturan tukin tersebut nantinya, seluruh ASN baik di tingkat pusat maupun daerah memperoleh kesempatan untuk memperoleh tukin dinilai dari kinerjanya. Menurut Anas, tukin yang seharusnya untuk meningkatkan kinerja, justru kini dianggap sebagai hak.

"Tapi sekarang tunjangan itu jadi hak sehingga antara yang kerja bagus dan nggak tunjangannya sama. Aku kerja, kamu enggak kerja bagus kok sama? Ini yang mesti kita tata," ujar Anas.

Sebelumnya, Anas sempat menyampaikan usulan kenaikan gaji PNS pada acara Rakornas Pelaksanaan Anggaran 2023 di Jakarta pada Rabu, 17 Mei 2023. Usulan itu disampaikan kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Editor


Komentar
Banner
Banner