Kalsel

Menolak Lupa, Catat Visi Misi Paman Birin Sebelum Resmi Dilantik

apahabar.com, BANJARMASIN – Usai ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Kalsel 2020, secara resmi H Sahbirin Noor atau…

Featured-Image
Pasangan BirinMU, Sahbirin Noor (kiri) dan Muhidin terpilih jadi Gubernur Kalsel usai ditetapkan memenangi Pilkada 2020. Foto-apahabar.com/Instagram.

bakabar.com, BANJARMASIN – Usai ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Kalsel 2020, secara resmi H Sahbirin Noor atau Paman Birin dan H Muhidin belum resmi dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur.

Hingga saat ini, belum ada keputusan resmi kapan duet BirinMU itu dilantik sebagai kepala daerah Kalsel.

Seperti diketahui, melalui proses panjang Pilkada Kalsel 2020, termasuk sidang Mahkamah Konstitusi yang mengharusnya pemungutan suara ulang, BirinMU tetap unggul.

Namun, sembari menanti pelantikan Paman Birin jadi Gubernur Kalsel, menarik diamati kembali seperti apa visi misinya selama periode 2020-2024.

Setidaknya, warga ikut mengawasi sepak terjang Paman Birin selama memimpin Kalsel untuk periode kedua kesempatannya sebagai kepala daerah.

Dalam tiap kampanye sang petahan, rival dari pasangan H Denny Indrayana dan H Difriyadi Darjat ini selalu menyampaikan visi misinya.

Bahkan, dalam sebuah postingannya, akun Instargam, Paman Birin pada masa kampanye, November 2020, telah mengunggahnya visi misi BirinMU.

“Sepanjang pengalaman ulun memimpin Banua, inilah yang harus menjadi perhatian kita kedepan yang ulun wan @hajimuhidinpan tuangkan dalam visi dan misi,” tegas Paman Birin

Lantas apa visi Paman Birin usai dilantik jadi Gubernur Kalsel nanti?

Sebagai petahan, Paman Biri mengusung visi Kalsel MAJU. Maju merupakan kependekan dari Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan.

Demi meraih visi itu, Paman Birin menopangnya dengan sejumlah misi. Setidaknya ada tiga misi yang kemudian diurai dalam bentuk kerja SKPD pemerintah provinsi Kalsel.

Pertama, meningkatkan kualitas dan daya saing SDM. Terkait ini, salah satu poin utamanya BirinMU ingin memperkuat ketahanan kesehatan masyarakat melalui ketahanan terhadap penyakit menular, penurunan perkawinan anak, stunting, AKIB/AKB berbasis pemberdayaan desa wisma.

Selanjutnya meningkatkan pendidikan vokasi berbasis link and match berkeluaran sesuai dengan dunia usaha.

Di sisi lain juga ingin memperkuat balai pelatihan kerja untuk meningkatkan keterampilang berbasi digital.

Memperkuat nilai-nilai keagamaan dan sosial budaya. Dan meningkatkan indeks kepemudaan dan prestasi olahraga.

Misi BirinMu kedua, mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata. Dirincikan Paman Birin, untuk mencapai tujuan itu, konsennya selain mendorong ekonomi syariah, juga hilirisasi industri pertambangan dan pertanian.

Disamping itu, era digitalitasi coba dimanfaatkan BirinMU untuk mengembangkan pariwisata berbasis alam (ekowisata), mendorong ekonomi kreatif lokal dan berdagangan berbasis teknologi digital.

Misi BirinMU ketiga jika jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel yakni, memperkuat sarana prasarana dasar dan perekonomian.

Kali ini konsen mereka berupaya pemenuhan sarana prasarana dasar untuk standar hidup layak. Pembangunan kawasan-kawasan ekonomi baru mendukung Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim.

Di sisi lain, BirinMU juga ingin meningkatkan konekfitas kawasan pertumbuhan perekonomian, pemenuhan sarana prasarana pendukungnya, dan penyediaan sumber energi terbarukan bagi pemenuhan kebutuhan-kebutuhan energi.

Antara lain Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), Pembangkit Listrik Tenaga (PLT) Biomasa, Surya dan Gas.

Pelantikan Tunggu Presiden

Sementara itu, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel hingga kini belum ada kabar.

Informasinya masih menunggu keputusan Presiden Joko Widodo. Seperti yang pernah diungkapkan, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar, Selasa (17/8) kemarin.

Meski begitu, ia membenarkan jika dalam waktu dekat ini akan segera ada pengumuman dari Presiden Jokowi.

Sebelumnya, dikabarkan pelantikan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dijadwalkan pada 12 Agustus lalu. Namun, kemudian dibatalkan.

Dan belum lama tadi, Ketua DPRD Kalsel Supian HK mengatakan, pelantikan diperkirakan setelah 17 Agustus.

Pelantikan Gubernur Kalsel Terpilih Belum Ada Kabar, Lantas Kapan?

Komentar
Banner
Banner