Libur Nataru

Menhub Ungkap Puncak Arus Balik, Hindari Tanggal Ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta penyedia layanan transportasi darat, laut, udara dan perkeretaapian untuk membuka penjualan tiket lebih awal.

Featured-Image
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (Foto: apahabar.com/Ayyubi)

bakabar.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta penyedia layanan transportasi darat, laut, udara dan perkeretaapian untuk membuka penjualan tiket lebih awal.

Langkah tersebut perlu dilakukan agar pelayanan kepada para pemudik dapat berlangsung baik. Sebab, puncak arus balik libur Nataru diprediksi terjadi pada tanggal 1-2 Januari 2024.

"Kalau sebelum tahun baru mungkin (arus mudik) tidak terlalu banyak karena memang banyak yang sudah mudik," katanya seperti dilansir Antara, dikutip Selasa (26/12).

Baca Juga: Angka Kecelakaan pada Nataru 2023 Turun 39 Persen

Baca Juga: Reaksi Menhub Budi soal Progres Kereta Api Kalsel: Digarap Swasta?

Tak hanya itu, puncak arus mudik hampir terjadi di seluruh jalur. Kecuali jalur laut yang akan berlangsung lebih lama.

Budi juga menyampaikan hasil tinjauan Posko Pusat Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Hasilnya pergerakan pemudik pada Senin (25/12) mengalami penurunan.

Meski begitu, Budi mewaspadai terjadinya kepadatan kendaraan di sejumlah titik. Di antaranya Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, Tol Cipali dan Bandara Soekarno-Hatta.

"Tempat yang kita identifikasi mengalami macet tinggi ternyata berjalan dengan baik," terangnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner