Kalsel

Mengintip Peluang Kalsel di Parade Tari Nusantara

apahabar.com, JAKARTA – Gelaran Parade Tari Nusantara kembali dihelat. Tahun ini ajang yang ke-38 itu berlangsung…

Featured-Image
Perwakilan Kalsel saat pembukaan acara Parade Tari Nusantara yang digelar di Jakarta, Sabtu (10/8). Foto-apahabar.com/Syarif

bakabar.com, JAKARTA – Gelaran Parade Tari Nusantara kembali dihelat. Tahun ini ajang yang ke-38 itu berlangsung di Teater Garuda, pada areal Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Sebanyak 23 provinsi turut andil dalam ajang tahunan yang kali ini hanya berlangsung sehari, Sabtu (10/8). Pastinya masing-masing provinsi yang berpartisipasi menginginkan terbaik.

Bagaimana dengan peserta dari Kalimantan Selatan (Kalsel) yang bakalan membawakan tarian dengan tarian berjudul ‘Talabet’?

Talabet sendiri diambil dari bahasa Bakumpai yang artinya perisai. Ceritanya, dulu ada kapal Inggris yang dimuati warga Tionghoa masuk ke Kalsel.

Nah lewat tarian ini lah mereka menyuguhkan keberhasilan pejuang Banjar yang dipimpin Patih Yujung mengusir penjajah China yang mau menduduki Banjarmasin.

img

Wakil Kalsel berlatih sebelum tampil di Parade Tari Nusantara hari ini. Foto-bakabar.com/Syarif

Dengan tarian apik dipadu aransemen musik khas Kalsel, tim berusaha mengharumkan nama Banua di ajang bergengsi tingkat nasional itu.

Tak hanya itu, tentu tim kesenian yang diboyong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel berharap mendapatkan gelar juara pada sejumlah kategori.

Sebab mereka telah rela meluangkan waktu untuk berlatih selama kurang ebih dari 1 bulan. Agar lebih kompak, tim kesenian Kalsel pun nginap di Anjungan Kalsel areal TMII Jakarta.

Di sana, mereka terus berlatih memadukan kekompakkan agar bisa harmonis pada penampilan yang masuk pada sesi ketiga Parade Tari Nusantara yang dijadwalkan mulai pukul 15.00 WIB.

Kabid Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, Ahmad Subakti mengakui, peserta dari Kalsel telah maksimal untuk mengikuti Parade Tari Nusantara tahun ini. Ia berharap perjuangan tim membuahkan hasil maksimal.

Baca Juga: Menampilkan Talabet, Permata Ije Jela Batola Kembali Jawara FKTD

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner