Kalsel

Mengintip Aktivitas Napi di Banjarmasin Jelang Akhir Ramadan

apahabar.com, BANJARMASIN – Ramadan sebentar lagi usai. Namun tidak menyurutkan semangat para narapidana di Lembaga Permasyarakatan…

Featured-Image
Narapidana Lapas Kelas II A Banjarmasin saat menggelar tadarus al Quran malam hari. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Ramadan sebentar lagi usai. Namun tidak menyurutkan semangat para narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banjarmasin dalam memperbaiki diri di hadapan Allah SWT.

Selain melaksanakan puasa siang hari, aktivitas mereka itu juga seperti terlihat pada malam hari.
Misalnya, saat mereka melaksanakan salat tarawih berjemaah, tadarus bersama dan di antara mereka ada pula yang mengerjakan salat qiyamul lail.

Namun untuk salat berjemaah pihak Lapas tetap menekankan pshycal distancing sesuai aturan pemerintah.

Kegiatan ibadah itu diakui Kepala Lapas Kelas II A Banjarmasin, Imam Setya memang dilakukan oleh para napi sejak awal Ramadan.

“Iya sejak awal kita terus awasi ibadah mereka. Salat tarawh jamaahnya juga kita batasi dan tetap mengutamakan protokol kesehatan,” kata Imam, Selasa (19/5).

Catatan ibadah mereka itu, kata Imam, juga akan menjadi hitung-hitungan pihaknya untuk mengajukan remisi di hari raya Idul Fitra ini.

“Kalau ibadahnya konsisten juga menjadi hitungan agar si napi bisa mendapat remisi,” terang Imam.

Imam berharap, dalam momentum Ramadah ini, para napi bisa menyadari kesalahannya di masa lalu dan menjadi manusia yang lebih baik lagi ke depannya.

Saat ini di Lapas Kelas II A Banjarmasin terdapat 2.188 narapidana. Jumlah itu belum ditambah lagi dengan tahanan yang dititipkan di Polsek dan Polres Banjarmasin serta Polda Kalsel.

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner