Kalsel

Mendadak, Puluhan Tahanan dan Petugas Rutan Barabai Tes Urine

apahabar.com, BARABAI – Sedikitnya 33 tahanan atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas…

Featured-Image
Kepala Rutan Barabai, Syekh Walid menyerahkan urinenya kepada petugas pemeriksa di Lapangan Rutan Kelas II Barabai, Sabtu (22/2). Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

bakabar.com, BARABAI – Sedikitnya 33 tahanan atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST) menjalani pemeriksaan tes urine. Tak hanya itu, 59 petugas di sana juga diperiksa.

Tes urine itu dipimpin langsung Kepala Rutan, Syekh Walid secara mendadak setelah senam, Sabtu (22/2) pagi.

“Hal ini merupakan langkah progresif dan keseriusan kami dalam pemberantasan narkoba di lingkungan Rutan, seluruh petugas dan WBP kami tes urin” kata Walid yang juga ikut dites urine.

Dari hasil pemeriksaan, lanjut Walid, seluruh WBP dan petugas dinyatakan negatif atau bebas narkoba.

“Alhamdulillah Rutan Barabai, kita nyatakan bersih dari narkoba,” ujar Walid.

Baca Juga:Upaya Polisi Bebas Narkoba, Urine 180 Personel Polres Kobar Diperiksa

Sidak itu, kata Walid merupakan amanat dari Surat Edaran Ditjen Pemasyarakatan mengenai laporan target kinerja (B03) dalam upaya pemberantasan narkoba di Rutan negara maupun Lembaga permasyarakatan.

“Walau ada surat edaran dari Ditjen permasyarakatan, sebelum-sebelumnya kita juga secara periodik melakukan pemeriksaan baik kepada pegawai maupun penghuni Rutan,” aku Walid.

Rutan Barabai, kata Walid harus bersih dari peredaran narkoba. Terlebih saat ini Rutan berkomitmen menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

“Kami akan tindak tegas siapa saja yang terkait dengan Narkoba, baik petugas ataupun warga binaan akan kami proses secara Hukum bila terlibat dengan barang haram ini,” tandas Walid.

Baca Juga:Pemeran Video TikTok Asusila dan Mucikari Jalani Tes Urine

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Komentar
Banner
Banner