Wisata Kalimantan Selatan

Memukau! Wisata Tersembunyi di Sekitar Pulau Kadap

Kalau Kota Saranjana sering menampakkan wujud di dunia nyata, lain halnya dengan Pulau Kadap yang amat tertutup dari dunia luar. Keduanya adalah legenda.

Featured-Image
Keindahan Bukit Menggidang di dekat Pulau Kadap. Foto: Intagram Tulu-Nasuha.

bakabar.com, JAKARTA - Kalau Kota Saranjana sering menampakkan wujud di dunia nyata, lain halnya dengan Pulau Kadap yang amat tertutup dari dunia luar. Keduanya adalah legenda yang menyeruak di tengah masyarakat Kalimantan Selatan.

Konon, siapa pun yang memasuki kedua alam gaib tersebut sulit kembali ke realita. Saranjana sendiri dikabarkan terletak di Tanah Laut, sedangkan Pulau Kadap berlokasi di titik tengah tiga kabupaten: Tapin, Marabahan, dan Martapura.

Meski begitu, Pulau Kadap diyakini tetap termasuk ke wilayah Tapin yang notabene melahirkan banyak datu. Daerah itu pun tak sekadar menjadi tempat kerajaan gaib, tetapi juga menyimpan sederet wisata menakjubkan.

Kabupaten Tapin terkenal akan wisata alamnya yang indah lagi menyejukkan mata. Merangkum berbagai sumber, berikut tempat liburan yang bisa Anda jadikan referensi manakala bertandang ke sana:

Bukit Menggindang

Bukit Menggindang memiliki pemandangan menakjubkan yang mampu membuat wisatawan tak ingin cepat pulang. Puncaknya memang tidak terlalu luas, akan tetapi panorama dari hamparan rumput hijaunya sangatlah memukau.

Bukit Menggindang. Foto: Wisato.
Bukit Menggindang. Foto: Wisato.

Dari atas sana pula, pelancong bisa menikmati sejuk lagi asrinya udara sekitar. Adapun untuk menjangkau bukit, treknya tidak terlalu terjal, sehingga wisatawan dapat menjangkau dengan cepat.

Sebagai gambaran, rute menuju Bukit Manggindang tidaklah terlalu sulit. Wisatawan cukup menyebrangi jembatan gantung dan menyusuri jalan semen yang tersedia.

Danau Biru NES 12

Berada di Desa Binuang, Danau Biru Nes 12 merupakan danau buatan dari bekas tambang. Sesuai namanya, air di sana berwarna biru yang berasal dari air hujan nan menyatu dengan kadar asam bekas tambang. 

Danau Biru
Pesona Danau Biru di Kalimantan Selatan. Foto: Net.

Di sekeliling air berwarna biru lagi jernih, terdapat bebatuan besar yang semakin memperindah Danau Biru NES 12. Pemandangan yang menakjubkan ini sangat cocok dijadikan latar foto untuk menghiasi media sosial.

Adapun rute menuju Danau Nes bisa ditempuh dari Binuang. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju Pulau Pinang. Dari sana ke Desa Nes memakan waktu sekitar 30 menit saja.

Air Terjun Lanjung Bapayung

Wisata alam yang terletak di Desa Piani ini boleh dibilang berbeda dari air terjun kebanyakan. Betapa tidak, air terjunnya bertingkat dan dikelilingi hutan rimbun, sehingga suasananya asri dan eksotik.

Air Terjun Lanjung Bapayung. Foto: Wisato.
Air Terjun Lanjung Bapayung. Foto: Wisato.

Akses jalan menuju Air Terjun Lanjung Bapayung juga tidak terlalu sulit. Meski wisatawan harus berjalan kaki menuju spot air terjun, mereka tak akan merasa bosan dan kelelahan.

Sebab, di sepanjang perjalanan, wisatawan bakal disuguhkan dengan pemandangan berupa sungai aliran air terjun. Ini sangat menyejukkan hati dan pikiran.

Itulah sedikitnya tiga wisata alam yang berlokasi di dekat Pulau Kadap. Tertarik mengunjungi salah satunya?

Editor


Komentar
Banner
Banner