Kalsel

Melihat Nuansa Islami 1 Muharram di HST  

apahabar.com, BARABAI – Kemeriahan mewarnai tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H yang jatuh pada 1…

Featured-Image
Bupati HST lepas peserta pawai taaruf. Foto-Masrus for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI - Kemeriahan mewarnai tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H yang jatuh pada 1 September tahun ini terlihat.

Di Hulu Sungai Tengah (HST) sejak 31 Agustus 2019, tepatnya selepas Salat Isya masyarakat sudah memadati Lapangan Dwi Warna Barabai.

Masyarakat HST itu hadir untuk ikut menggemakan salawat bersama Majelis Salawat Nurul Latif.

Ditambah tausiah oleh Habib Ahmad Muhajir Assegaf, KH Murjani Andang dan KH M Khairudin Lc, masyarakat HST semakin antusias menghadiri kegiatan itu.

img

Masyarakat antusias menyimak tausiyah pada tahun baru Islam di Hulu Sungai Tengah (HST). Foto-Istimewa

Peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST pun tak lepas dari berbagai kegiatan itu. Jajaran Pemkab HST turut serta menghadiri kegiatan 1 Muharram itu.

"Ini merupakan sebuah langkah untuk merubah paradigma bagaimana dalam memeriahkan tahun baru. Tidak mesti dengan kemeriahan kembang api atau hal-hal lain yang merugikan secara materi bahkan membahayakan masyarakat," ujar Bupati HST, HA Chariansyah, Sabtu (31/8).

Ia pun bersyukur atas antusias ribuan masyarakat Bumi Murakata turut menyambut tahun baru Islam.

"Jalin silaturahmi dan rasa kebersamaan warga Bumi Murakata memperkuat ukhuwah Islamiah sesama muslim," pesan Bupati.

Tak hanya memperingati tahun baru Islam, salawat serta tausiah itu juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 74 Republik Indonesia dan Dirgahayu ke 69 Kalimanantan Selatan.

Sedangkan Minggu, 1 September, Pemkab HST melalui Dinas Pendidikan menyelenggarakan Festival Pawai Taaruf.

Sejak pukul 08.00 ratusan peserta dari tingkat sekolah, SD atau MI, SMP atau MTs sudah memenuhi jalan di Lapangan Dwi Warna. Ada 28 kelompok dari tiap sekolah yang mengikuti festival itu.

Sekitar pukul 09.00, Bupati melepas 28 kelompok peserta itu. Mereka berkeliling Kota Barabai sambil memamerkan busana-busana dan replika bernuansa Islamiyah, seperti memakai gamis, membawa replika unta dan Ka'bah serta atribut maupun simbol ke-Islaman sembari meneriakkan yel-yel dari tiap kelompok.

Sampai di garis akhir pawai, di Lapangan Dwi Warna, Bupati mengganjar mereka yang terpilih dengan hadiah. Total hadiah yang disediakan Pemkab sebesar Rp 27 Juta.

"Ini merupakan kepudulian terhadap hari besar Islam. Generasi milenial harus tahu bahwa tahun baru Islam itu pada 1 Muharram," kata Bupati HST, Minggu (1/9).

Tak luput, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga menghadiri acara ini. Seperti Kepala Kemenag, Dandim 1002 Barabai, Kapolres dan dari kalangan organisasi masyarakat.

Baca Juga: Pawai Taaruf, Sekda HST Naik Unta Keliling Barabai

Baca Juga: Semarak Tahun Baru Islam 1441 H di Balangan

Baca Juga: 185 Personil Polres Tapin Amankan Haul ke-254 Datu Sanggul

Reporter: HN LazuardiEditor: Syarif



Komentar
Banner
Banner