Tak Berkategori

Masuknya NAM Air Pacu Pertumbuhan Penumpang APT Pranoto

apahabar.com, SAMARINDA – Masuknya maskapai NAM Air diyakini akan memacu pertumbuhan penumpang di Bandara Aji Pangeran…

Featured-Image
Ilustrasi pesawat maskapai NAM Air. Foto-net

bakabar.com, SAMARINDA – Masuknya maskapai NAM Air diyakini akan memacu pertumbuhan penumpang di Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (APTP) Samarinda.

Saat ini, Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda mencatat, sudah ada 3,9 ribu penumpang datang-berangkat dari bandara yang belum lama ini diresmikan.

Masuknya NAM Air, maka sudah ada 42 penerbangan yang siap melayani masyarakat Kaltim setiap harinya. Masuknya NAM Air juga menambah pelayanan maskapai penerbangan menjadi enam maskapai penerbangan besar, yakni Express Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air dan NAM Air.

“Dengan adanya pelayanan dari beberapa maskapai besar melalui Bandara APT Pranoto, maka saat ini ada 42 penerbangan antar provinsi maupun lokal Kaltim,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Dodi Dharma Cahyadi dikutip dalam laman resmi Pemprov Kaltim, Selasa 12 Februari 2019.

Dodi mengatakan hingga saat ini rutinitas penumpang yang datang maupun berangkat dari APT Pranoto sudah mencapai 3.973 orang per harinya, belum termasuk penumpang NAM Air. Jika dikalkulasikan per tahun, maka rutinitas penumpang yang berangkat dan datang melalui bandara ini diperkirakan mencapai 1,5 juta penumpang.

“Ini melebihi target kami, yaitu 1,2 juta penumpang pertahun. Karena itu, kami berharap APT bisa menjadi pintu gerbang pertumbuhan ekonomi masyarakat Kaltim,” jelasnya.

Akhir pekan kemarin, untuk kali pertama burung besi NAM Air mendarat di Bandara APT Pranoto Samarinda. Pesawat jenis ATR 72 itu tiba dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (9/2). Tiga puluh lima menit kemudian, giliran Boeing 737-500 dari Surabaya mendarat.

Penerbangan perdana NAM Air dari Banjarmasin menuju Samarinda mengangkut 68 persen penumpang dari 70 seat yang tersedia. Sedangkan dari Surabaya sebanyak 90 persen dari 120 seat. Sementara penumpang dari Samarinda menuju Surabaya sebanyak 87 persen dari 120 seat.

Penerbangan perdana Samarinda-Surabaya disaksikan langsung Gubernur Kaltim Isran Noor didampingi sang istri, Norbaiti Isran Noor. Isran menyambut baik dibukanya penerbangan NAM Air dari Samarinda-Surabaya dan Samarinda-Banjarmasin ini.

Baca Juga: Bagasi Pesawat Berbayar, Pengusaha Stop Kirim Barang via Udara?

"Semoga masuknya NAM Air akan mendukung laju pertumbuhan ekonomi Kaltim. Karena, akan banyak lagi masyarakat luar Kaltim yang akan berkunjung ke Kaltim," ujar mantan bupati Kutim, dalam siaran persnya, Senin (11/2).

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner