OTOMOTIF

Masalah Mesin, Kawasaki Tarik Ninja H2 Carbon Motor Terkencang di Dunia

Motor terkencang di dunia Kawasaki Ninja H2 Carbon ikut ditarik karena masalah mesin.

Featured-Image
Kawasaki Ninja H2 Carbon, salah satu motor terkencang di dunia.(Foto: Tempo)

bakabar.com, JAKARTA - Deretan motor kencang Kawasaki dikabarkan harus ditarik dari konsumen karena mengalami masalah mesin. Kabar ini cukup membuat pabrikan asal iu Jepang terpukul, pasalnya motor sekelas Ninja H2 Carbon juga ikut terdampak masalah tersebut.

Berdasarkan laporan RideApart, Minggu (18/12) model-model motor sport Kawasaki yang ditarik adalah unit yang diproduksi antara tahun 2015 hingga 2023. Jumlah unit yang ditarik mencapai 3.172 unit.

Motor yang masuk list penarikan adalah Ninja H2 Carbon, Ninja H2 SX, Ninja H2 SX SE, Ninja H2 SX SE+, Z H2, dan Z H2 SE.

Baca Juga: Motor Gunakan Jalur Sepeda, Komunitas: Terpaksa Pakai Jalur Mobil

Dalam investigasi yang dikembangkan pihak Kawasaki, penarikan dilakukan lantaran ada masalah serius pada mesin motor.Unit yang terdampak berisiko mengalami mati mesin secara tiba-tiba saat berkendara. Masalah ini sangat serius karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Membedah masalahnya ini, Kawasaki mengungkap ada trouble pada pendorong di penegang rantai camshaft. Hazl ini membuat mesin terkunci dan menyebabkan kerusakan bagian internal.

Salah satu indikasi yang mungkin bisa diamati oleh pengendara terkait masalah ini adalah pada saat sepeda motor berjalan akan ada suara yang tidak normal yang keluar dari sisi kanan mesin.

Berkaitan dengan itu, Kawasaki telah mengeluarkan pemberitahuan penghentian penjualan ke jaringan dealernya di Amerika pada 9 Desember 2022. Untuk model yang terkena dampak, akan mulai diperbaiki pada pertengahan Desember 2022.

Baca Juga: Motor Baru Royal Enfield Hunter 350 Mengaspal Seharga Rp 100 jutaan

Perusahaan berencana untuk menginstruksikan secara langsung ke dealer pada atau sekitar 19 Desember 2022, juga memberi tahu pemilik sepeda motor terdampak agar segera membawa unitnya ke dealer resmi pada 21 Desember 2022 mendatang.

Menurut perusahaan, semua unit yang memenuhi syarat penarikan akan mendapatkan penggantian rantai poros terpengaruh pakingnya.

Mulai November 2022, Kawasaki telah mengganti tensioner berbeda untuk digunakan di jalur perakitan Kawasaki dan tidak ada satu pun masalah yang dilaporkan.

Pemilik Kawasaki yang mungkin sebelumnya telah membayar perbaikan terkait masalah ini, sebelum penarikan diumumkan, akan menerima penggantian penuh atau sebagian untuk biaya perbaikan yang terdokumentasi.

Pemilik yang memerlukan layanan penarikan harus menghubungi dealer resmi Kawasaki setempat untuk menjadwalkan perbaikan, dan semuanya akan dilakukan secara gratis.

Editor


Komentar
Banner
Banner