HP Android

Masalah Green Line di HP Android, Simak Penyebab dan Solusi Mudahnya

Masalah green line di HP Android terjadi karena berbagai faktor. Simak solusi berikut tanpa perlu pembongkaran.

Featured-Image
Ilustrasi - Masalah green line di HP Android, berikut solusinya tanpa perlu bongkar. (Foto: dok. Sammobile)

bakabar.com, JAKARTA - Masalah green line atau timbul garis hijau dapat terjadi di berbagai jenis handphone (HP) pintar, termasuk Android.

Masalah green line di HP Android, tentu akan membuat khawatir khususnya bagi pengguna yang awam. Sebab pandangan ke layar ponsel akan terganggu meskipun tidak mengganggu fungsi sentuhan pada layar.

Namun dalam artikel Lifewire.com yang dikutip pada (4/10), masalah green line di HP Android disebabkan oleh berbagai faktor.

Contohnya kelonggaran dan kerusakan pada bagian display connector, HP pernah terjatuh, kesalahan konfigurasi, maupun penggunaan aplikasi yang tidak cocok.

Adapun solusi masalah green line di HP yaitu dengan membawa ponsel milik kalian ke gerai servis resmi atau teknisi yang kompeten.

Namun sebelum itu, pengguna juga dapat melakukan berbagai cara demi mengatasi HP Android yang mengalami green line tanpa proses pembongkaran.

Baca Juga: Samsung Galaxy S20 dan S21 Keluar Green Line, Kenali Penyebab dan Solusinya

Misalnya dengan menekan tombol power dan pilih restart. Cara ini bisa memaksa ponsel untuk menutup semua aplikasi. Cara ini efektif, jika masalah green line di HP Android disebabkan kesalahan sementara pada perangkat lunak.

Langkah kedua yaitu restart melalui safe mode. Untuk HP Samsung, bisa matikan ponsel terlebih dahulu dan hidupkan kembali.

Namun saat logo Samsung muncul, pengguna bisa menekan dan tahan tombol turunkan volume.

Jika cara tersebut berhasil berarti ada masalah pada pengaturan, aplikasi, dan sistem operasi di HP kalian.

Berikutnya, coba uninstall beberapa aplikasi agar tidak terlalu membebani sistem. Terlebih untuk aplikasi yang tidak kompatibel dengan sistem.

Cara terakhir, pengguna dapat memperbarui sistem operasi apabila sudah tersedia. Tujuannya untuk menghindari bug dan gangguan dalam pemakaian.

Apabila masalah green line di HP tidak hilang, coba mode factory reset untuk mengembalikan pengaturan secara semula dan menyegarkan sistem operasi Android.

Namun sebaiknya seluruh data dipindahkan dulu di gadget lain, atau bisa juga gunakan layanan penyimpanan data digital semisal Google Drive.

Jika semua itu tidak menyelesaikan masalah, bisa dipastikan sumbernya berasal dari kerusakan hardware atau perangkat keras pada HP kalian.

Editor
Komentar
Banner
Banner