Serie A 2022/2023

Cetak Sejarah, Maria Sole Ferrieri Caputi Jadi Wasit Wanita Pertama di Serie A

Maria Sole Ferrieri Caputi mengukir sejarah dalam laga Serie A sebagai wanita pertama yang memimpin pertandingan divisi tertinggi liga sepakbola.

Featured-Image
Maria Sole Ferrieri Caputi menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Serie A 2022/2023. (Foto: dok. dw)

bakabar.com, JAKARTA - Maria Sole Ferrieri Caputi mengukir sejarah sebagai wanita pertama yang memimpin pertandingan divisi tertinggi liga sepakbola putra Italia dalam laga Serie A 2022/2023.

Kesempatan itu datang pekan ini saat Serie A menggulirkan pertandingan pekan kedelapan, Ferrieri ditugaskan untuk memimpin pertandingan di Mapei Stadium , Minggu ( 2/10/2022 ) malam WIB saat Sassuolo bertemu Salernitana.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh presiden AIA (Asosiasi Wasit Italia) Alfredo Trentalange, dalam konferensi pers yang diadakan di markas Federcalcio di Via Allegri di Roma.

"Ini adalah momen yang sangat indah dan kepuasan yang luar biasa dan juga menyedihkan untuk berpikir bahwa seseorang harus kagum dengan kehadiran seorang wanita," terang Alfredo Trentalange, dikutip Jumat (30/9).

Baca: PREVIEW INTER MILAN Vs. AS ROMA : Duel Dua Tim Pesakitan

Maria Sole Ferrieri Caputi bergabung dengan tim resmi Serie A pada Juli 2022 lalu, di mana sepanjang sejarah Serie A belum pernah ada wanita yang menjadi wasit utama.

“Jelas ini berita bahwa Maria Sole akan menjadi wanita pertama di Serie A, dan ini adalah momen bersejarah, tetapi promosi adalah kemajuan yang datang dari prestasi dan bukan dari keistimewaan,” jelas Alfredo.

Sebelum mencetak sejarah menjadi wasit perempuan pertama di laga Serie A, awal karier ia bergabung dengan asosiasi wasit pada 2007 dan baru melakoni debutnya memimpin pertandingan pada 2015 di level Serie D Italia, memimpin Poule Scudetto antara Bari vs PIcerno.

Kemudian, perempuan yang kelahiran 20 November 1990 ini dipromosikan ke Serie C pada 2020, yang kemudian kariernya terus melesat hingga memimpin pertandingan Serie B di 2021 untuk pertama kalinya antara Cittadella dan SPAL.

Keberhasilan wasit Italia berusia 32 tahun ini sudah sering memimpin kompetisi sepakbola tingkat internasional wanita di Italia dan juga di kompetisi Eropa .

Kepemimpinan Caputi pun tidak hanya berhenti di Italia, dosen di salah satu universitas Italia ini pernah menjajal pertandingan di luar negeri, saat itu Caputi ditunjuk untuk jadi wasit resmi EURO Women 2019.

Editor
Komentar
Banner
Banner