Tak Berkategori

Makna Hari Pahlawan Bagi Warga Martapura Kabupaten Banjar

apahabar.com, MARTAPURA – Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020, warga Kabupaten Banjar mengheningkan cipta di beberapa…

Featured-Image
Pengendara di sejumlah lokasi di Martapura diberhentikan sejenak untuk mengheningkan cipta, memperingati Hari Pahlawan, Selasa (10/11) pagi. Foto: Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA – Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020, warga Kabupaten Banjar mengheningkan cipta di beberapa lokasi di Martapura.

Seperti di Halaman Pemkab Banjar, Pos Polantas Lampu Merah Sekumpul, Jalan Sukaramai dekat Pusat Kuliner, Simpang Empat Jalan Tanjung Rema, Sultan Adam, dan UPT. Damkar Pos Sektor Gambut.

Warga yang melintasi lokasi tersebut diberhentikan petugas untuk mengheningkan cipta sejenak.

Lantas, bagaimana warga Martapura, Kabupaten Banjar memaknai Hari Pahlawan.

"Pahlawan banyak berjasa untuk kemerdekaan bangsa ini. Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini jangan sampai melupakan jasa mereka,” ucap Zulhaidi, Warga Martapura Kota.

“Yang telah mereka berikan agar kita bisa merasakan kemerdekaan ini," tambahnya.

Sejumlah warga menuturkan bahwa pahlawan merupakan sosok yang sangat berjasa dalam berjuang dan merebut kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

"Pahlawan merupakan orang-orang yang berjasa, begitu banyak jasa yang telah mereka berikan agar kita bisa merasakan kemerdekaan ini," ucapnya lagi.

Kemudian menurut Muhammad Safid, sangat penting untuk mengingat dan merenungi jasa para pahlawan.

"Agar para generasi muda kita dapat selalu menanamkan jiwa bela negara. Berkat para pahlawan kita dapat merasakan kemerdekaan hingga saat ini, lantas patutlah kita mengenang jasa-jasa mereka yang sangat besar," kata pedagang di Jalan. Sultan Adam Martapura ini saat ditemui bakabar.com.

Sementara itu, Kasat Pol PP Kabupaten Banjar, Ali Hanafiah menjelaskan bahwa pada hari ini Pemerintah Kabupaten Banjar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020 secara serentak bersama TNI/Polri melaksanakan kegiatan mengheningkan cipta selama 60 detik.

"Hari ini kita gelar hening cipta di beberapa titik di dalam kota Martapura, dan seluruh kecamatan di Kabupaten Banjar, dan alhamdulillah sudah berjalan dengan lancar sesuai dengan petunjuk,” jelasnya.

Di sisi lain, Bupati Banjar KH Khalilurrahman bersama jajaran mengikuti upacara Hari Pahlawan secara virtual yang dipimpin Presiden Joko Widodo.



Komentar
Banner
Banner