Harjad Banjarmasin

Lomba Balap Jukung dan Upaya Pemko Banjarmasin Melestarikan Budaya Sungai

apahabar.com, BANJARMASIN – Ratusan pasang mata ramai berkumpul di Sungai Kerokan Jalan Zam Zam, Banjarmasin Barat….

Featured-Image
Pemerintah Kota Banjarmasin menggelar Lomba Balap Jukung untuk memeriahkan Harjad Kota Banjarmasin, Sabtu (21/09).Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Ratusan pasang mata ramai berkumpul di Sungai Kerokan Jalan Zam Zam, Banjarmasin Barat. Mereka menyaksikan Lomba Balap Jukung yang digelar oleh Pemerintah Kota Banjarmasin, Sabtu (21/09).

Sebanyak 49 grup terlibat pada perlombaan itu. Satu jukung diisi dua orang. Para peserta yang berasal dari 9 kelurahan di Banjarmasin Barat itu pun beradu kecepatan mendayung jukung dengan penuh semangat.

Camat Banjarmasin Barat, Karlina, menyampaikan kegiatan balap jukung diharapkan dapat melestarikan budaya sungai sekaligus ajang penjaringan bibit atlet dayung.

“Semoga dengan ajang lomba hari ini dapat melahirkan bibit-bibit atlet daerah sekaligus menjadi ajang hiburan bagi warga Banjarmasin di akhir pekan,” ucapnya.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengingatkan warga harus menjaga kebersihan sungai selama acara berlangsung. Ia juga meminta kesadaran warga untuk ikut menjaga kebersihan di tengah keterbatasan petugas di lapangan.

“Kami sangat mengharap kesadaran warga pentingnya menjaga kebersihan sungai, jangan sampai terkotori atau tercemar oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

Ibnu mengatakan lomba Balap Jukung digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-493. Tak lupa ia berpesan kepada peserta untuk bertanding secara sportif. (Adv)

Baca Juga: Tragedi Jagal Kepala Bocah di Limpasu, Gubernur: Tamparan Buat Kita Semua

Baca Juga: 1.253 Rider Siap Taklukkan Gunung Sigaling HST

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner