Lolos Verifikasi Faktual, Milhan-Habib Farid Siap Maju di Pilkada Tapin 2024

dr. Milhan dan Habib Farid Assegaf pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tapin dari jalur perseorangan atau independen lolos verifikasi faktual (verfak).

Featured-Image
KPU Tapin saat menyerahkan berkas berita acara hasil pleno verifikasi faktual kepada dr Milhan dan Habib Farid Assegaf. Foto: bakabar.com/Sandy

bakabar.com, RANTAU - Verifikasi faktual dukungan calon perseorangan untuk dr Milhan dan Habib Farid Assegaf sudah selesai. Hasilnya pasangan ini berhak bertarung di Pilkada Tapin 2024.

Perampungan verifikasi faktual tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapin, Fakhrian Noor, berdasarkan hasil rapat pleno terbuka di Aula Tamasa Kantor Setda Tapin.

"Pleno berjalan dengan musyawarah yang baik. Hasilnya H Milhan bersama Habib Farid Assegaf dinyatakan lulus verifikasi faktual atau memenuhi syarat untuk mendaftar di pilkada," jelas Fakhrian, Kamis (11/7).

"Dengan demikian, mereka bisa mendaftarkan diri sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati. Adapun pendaftaran dilakukan sejak 27 hingga 29 Agustus 2024," imbuhnya.

Berdasarkan hasil verifikasi faktual, Milhan-Habib Farid membawa sebanyak 15.237 dukungan atau lebih banyak dari dukungan minimal 14.248 orang. Dukungan ini tersebar di 10 Kecamatan atau lebih banyak dari minimal sebaran 7 kecamatan yang ditetapkan.

"Setelah dinyatakan memenuhi syarat, mereka tidak perlu melakukan perbaikan dokumen syarat dukungan. Cukup menjalani verifikasi faktual pertama dan kami sekarang fokus kepada tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) yang sedang berjalan," tegas Fakhrian.

Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tapin, Abid Fikasi Gulo, bersyukur rapat pleno verfak berjalan lancar, meski terjadi beberapa dinamika.

"Awalnya sebanyak 43 orang di Kecamatan Lokpaikat dan 15 orang lagi di Kecamatan Bakarangan tidak memenuhi syarat dukungan. Penyebabnya mereka tidak bertemu langsung dan tanpa rekaman video," jelas Abid.

"Lantas setelah dilakukan berubahan terakhir, Bawaslu Tapin menerima hasil akhir pleno tersebut," imbuhnya.

Dalam kesempatan terpisah, Milhan bersyukur karena akhirnya dinyatakan bisa mendaftarkan diri bersama Habib Farid Assegaf sebagai calon bupati dan wakil  bupati.

"Sekarang kami sudah dapat mendeklarasikan diri untuk maju di Pilkada Tapin 2024, karena sudah memenuhi syarat pendaftaran pasangan calon," ungkap Milhan.

"Kami berharap semoga semua berjalan lancar, demokrasi di Tapin berjalan dengan baik dan kedepan Tapin Babungas, Bigas, Agamis, Bersih, Nyaman, Ganal PAD, Aman dan Smart," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner