Tak Berkategori

Lestarikan Ikan Lokal, Bupati Balangan Lakukan Restocking

apahabar.com, PARINGIN – Untuk melestarikan ikan spesifik lokal dan menjaga keseimbangan ekosistem sungai, pemerintah melakukan berbagai…

Featured-Image
Bupati Balangan Lakukan Restocking untuk lestarikan ikan lokal. Foto-Istimewa

bakabar.com, PARINGIN – Untuk melestarikan ikan spesifik lokal dan menjaga keseimbangan ekosistem sungai, pemerintah melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan melakukan restocking di perairan umum di UPT Lajar Papuyuan Desa Matang Hanau, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kamis (10/6).

Restocking atau penebaran benih ikan ini dilakukan untuk menambah populasi ikan spesifik lokal yang saat ini keberadaannya sudah jarang ditemui di alam

Bupati Balangan H Abdul Hadi mengatakan penebaran benih ikan di perairan umum tersebut untuk menjaga ekosistem perairan dan pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dulu masyarakat sangat terbantu dengan melimpahnya ikan di perairan umum di Desa Matang Hanau ini. Selain dikonsumsi sendiri, juga bisa dijual. Tapi lama-kelamaan ketersediaan ikan di sini menipis, untuk itulah kita lakukan restocking agar ekosistem perairan ini bisa tetap terjaga,” ujar Hadi.

Untuk itu, lanjut Bupati, benih ikan yang baru ditebar tersebut agar dijaga dan baru dipanen jika ikannya sudah besar. Ini tentunya akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat yang berada di sekitar lokasi nantinya.

Selain itu, Bupati juga berharap agar masyarakat tidak mengambil ikan menggunakan racun, peledak atau setrum, karena dapat merusak ekosistem perairan (sungai), serta membahayakan orang lain.

“Mari kita sama-sama peduli dalam menjaga dan melestarikan ekosistem perairan/sungai," imbuhnya.



Komentar
Banner
Banner