Nasional

Launching HPN 2022, Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro Diumumkan

apahabar.com, JAKARTA – Pengumuman pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro yang dikemas bersamaan dengan Launching Hari Pers Nasional…

Featured-Image
Pengumuman pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro dikemas bersamaan dengan Launching Hari Pers Nasional (HPN) 2022 menandai dibukanya rangkaian kegiatan HPN, Minggu (30/1). Foto-istimewa

bakabar.com, JAKARTA – Pengumuman pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro yang dikemas bersamaan dengan Launching Hari Pers Nasional (HPN) 2022 menandai dibukanya rangkaian kegiatan HPN pada Minggu (30/1) hingga hari puncak 9 Februari 2022, di Kendari Sulawesi Tenggara.

Hadir dalam acara tersebut, Dirjen Kominfo, Usman Kansong, Ketua KPI Pusat, Agung Suprio, Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry CH Bangun, Ketua Umum PWI Pusat dan Penanggung Jawab HPN, Atal Sembiring Depari, Ketua KPI Pusat, Agung Supri, Direktur Program dan Berita LPP TVRI Irianto, serta Sekda Pemprov Sultra Nur Endang Abbas.

Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro PWI Pusat, Rita Sri Hastuti disela launching HPN tersebut menjelaskan setelah melalui proses penjurian yang seksama, para pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 akhirnya resmi diumumkan.

"Anugerah Jurnalistik Adinegoro bukan hanya sekadar Anugerah Adinegoro. Ini adalah kebanggaan kalangan pers di Indonesia. Semula ini dimulai tahun 1974, diawali oleh PWI Jaya, kemudian pada tahun 2009 diangkat oleh PWI Pusat, dan menjadi lebih luas kategorinya. Sekarang ada enam, yang semula satu kategori," ulas Rita Sri Hastuti menceritakan sejarah penghargaan tertinggi bagi karya jurnalistik di Tanah Air ini.

Proses penjurian berlangsung selama Desember 2021 secara virtual mengingat situasi masih pandemi Covid-19.

Totalnya ada enam kategori yang dilombakan, yaitu liputan berkedalaman untuk media cetak, liputan berkedalaman untuk media siber, liputan berkedalaman untuk media televisi, liputan berkedalaman untuk media radio, foto berita untuk media cetak dan media siber, serta karikatur opini untuk media cetak dan media siber.

HALAMAN
12


Komentar
Banner
Banner