Kalsel

Latih Kesiapan Personel, Polresta Banjarmasin Ikuti Lomba Sispamkota

apahabar.com, BANJARMASIN – Polresta Banjarmasin mengikuti lomba sistem pengamanan kota (sispamkota) yang digelar oleh Polda Kalimantan…

Featured-Image
Polresta Banjarmasin mengikuti lomba sistem pengamanan kota (sispamkota) yang digelar oleh Polda Kalimantan Selatan, Kamis (9/7) siang. Foto-apahabar.com/Riyad

bakabar.com, BANJARMASIN – Polresta Banjarmasin mengikuti lomba sistem pengamanan kota (sispamkota) yang digelar oleh Polda Kalimantan Selatan, Kamis (9/7) siang.

Lomba digelar di halaman masing-masing Polres/Polresta yang ada di wilayah hukum Polda Kalsel.

Kegiatan lomba diikuti oleh sedikitnya 300 personel gabungan dari berbagai satuan Polresta Banjarmasin dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Wakapolresta Banjarmasin, AKBP Sabana Atmojo mengatakan, lomba itu juga dimaksudkan sebagai latihan untuk aparat kepolisian dalam melakukan kegiatan pengendali massa (Dalmas) jika ada masyarakat yang ingin melakukan aksi unjuk rasa.

“Esensinya adalah kesiapan kita dalam menghadapi unjuk rasa,” katanya di sela lomba.

Dalam simulasi sispamkota itu, personil Polresta Banjarmasin ditekankan untuk terlebih dahulu mengupayakan tindakan preveentif, persuasif atau pendekatan kepada masyarakat.

“Kepada masa pendemo terlebih dahulu diimbau agar melakukan unjuk rasa dengan damai dan tidak terprovokasi dengan pihak manapun, supaya tidak merubah maksud baik dalam melakukan unjuk rasa,” katanya.

Kemudian, dengan adanya pandemi Covid-19, para personil juga diminta untuk selalu memperhatikan penerapan protokol kesehatan, seperti jaga jarak antar pengunjuk rasa serta penggunaan masker.

“Agar tidak memperbanyak penyebaran penyebaran virus corona,” katanya.

Selain untuk mengawal aksi unjuk rasa, lomba pelatihan sispamkota itu, kata Sabana, juga disiapkan untuk bekal aparat kepolisian dalam menghadapi situasi pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan datang.

Dengan adanya kegiatan itu, Sabana bersyukur, jika latihan yang dilakukan oleh personel Polresta Banjarmasin bisa diterapkan dengan baik pada lomba.

“Ini ke depannya akan menjadi modal kami dalam menjaga situasi aman dan tertib di Kota Banjarmasin,” katanya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut juga hadir tim penilai dari Polda Kalsel.

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner