Mencari Polisi Baik

Langkah Kecil Si Anak Petani Kotabaru: Sepatu Usang Berbuah Kapolsek 

Polri memang sedang dirundung cela. Tak sedikit. Tapi bukan berarti semuanya buruk. Ada kok yang baik. Seperti Sidiq Martujet.

Featured-Image
Sosok Ipda Sidiq Martujet, Kapolsek Hampang Kotabaru anak petani sukses setelah mendapat reward Kapolri, Foto : Sidiq for apahabar.com

apahahar.com, KOTABARU - Polri memang sedang dirundung cela. Tak sedikit. Tapi bukan berarti semuanya buruk. Ada kok yang baik. Seperti Sidiq Martujet.

Polisi ini berpangkat Iptu. Ia menjabat Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Hampang, Kotabaru.

Tak ada yang mengira jika dia berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya petani. Sementara ibunya hanya membuka warung kelontong.

Keluarga itu tinggal di pedalaman Kotabaru. Di Desa Pamukan Indah. Wilayah yang berbatasan lansung denga Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Dulunya adalah eks transmigrasi 1983.

Baca Juga: Benny Susetyo Kasih Skor 7 untuk Polri: Jangan Seperti 'Hantu'

Pria kelahiran 1984 ini tercatat memulai pendidikannya dari SDN 1 di Desa Balamea. Lalu melanjutkan ke SLTPN 1 Desa Bakau.

Kemudian, Sidiq melanjutkan ke SMK di Kodeco Batulicin, Tanah Bumbu (Tanbu) hingga lulus.

Selanjutnya, pada 2004 silam, Sidiq mencoba mendaftar sebagai anggota polisi melalui jalur bintara. Kala itu, pendaftaran dibuka di Tanbu sebagai kabupaten baru pemekaran dari Kotabaru.

Setelah berhasil lulus pendidikan, Sidiq ditugaskan kembali ke lingkup Mapolres Tanbu. Tepatnya setahun kemudian.

Pada 2007, ia ditugaskan di Mapolsek Kuranji hingga 2018. Ia diamanahi sebagai Bhabinkamtibmas.

Menjadi Kapolsek

Di sini bagian menariknya. Pada 2018 Sidiq boleh berbangga. Ia mendapatkan reward dari Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian.

Aksi Sidiq sederhana. Layak dicontoh. Bisa dilakukan semua polisi. Ia membelikan sepatu baru bocah SD yang memakai tak layak alias bolong ke sekolah.

Kala itu, aksi Sidiq viral. Lantaran ia merespons cepat kesulitan yang ada di wilayahnya. Informasinya pun cepat tersebar, hingga diketahui Kapolri Tito Karnavian.

Dari situ, ia menerima pendidikan gratis ke sekolah calon perwira (secapa).

Awal 2019, Sidiq berhasil lulus pendidikan perwira dan kembali bertugas ke lingkup Mapolres Tanbu, dan diberi jabatan sebagai Kapolsek Karang Bintang.

Setahun kemudian, atau 2020 Sidiq digeser masuk kandang dan bertugas ke Sat Intelkam Polres Tanbu.

Pada 2022, ia kembali dipindahtugaskan sebagai Kapolsek subsektor, (Polsek persiapan di Kecamatan Kusan Tengah) Tanbu, dan merangkap sebagai Waka Polsek Kusan Hilir.

"Nah, pada bulan Juli 2022 tadi, saya diberi amanah menjabat sebagai Kapolsek Hampang, Polres Kotabaru hingga sekarang. Ini kabupaten tanah kelahiran, dan saya sangat bersyukur bisa bertugas di kampung halaman," ucap Sidiq kepada bakabar.com. 

Editor


Komentar
Banner
Banner