Habar Pemilu 2024

KPU Tala Terima Logistik Pemilu 4.540 Bilik Suara

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Laut (Tala) Rudy Pratikno menyampaikan, pihaknya sudah menerima logistik pemilu untuk tahap pertama, berupa bi

Featured-Image
Teks foto//Ketua KPU Tala Rudy Pratikno dan Kantor KPU Tala di Jalan A Syairani , Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

bakabar.com, PELAIHARI - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Laut (Tala) Rudy Pratikno menyampaikan, pihaknya sudah menerima logistik pemilu untuk tahap pertama, berupa bilik suara pada Kamis (19/10/2023) lalu.

Menurutnya, bilik suara yang diterima KPU sebanyak 4.540 buah sudah lengkap tidak ada kekurangan. Saat ini bilik suara ditempatkan di Stadion Lapangan Bulu Tangkis Jalan Samudera Pelaihari.

“Yang Masih dalam perjalan kabel ties sebagai pengganti kunci kotak suara dan tinta pemilu, termasuk kotak suara dalam waktu dekat akan datang ke KPU,” kata Rudy, Selasa (24/10/2023).

Rudy bilang, surat suara dan formulir akan dikirim dari pusat setelah penetapan daftar calon tetap (DCT). Selain itu, surat suara masih menunggu desain yang akan divalidasi oleh peserta pemilu.

“DCT legislatif akan ditetapkan pada tanggal 3 November 2023 dan diumumkan pada 4 November,” ucapnya.

Ia menambahkan, sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Tanah Laut sebanyak 1.135. Dengan kebutuhan masing-masing tempat per TPS, akan diisi 4 bilik suara dan 5 kotak suara.

“Gudang tempat penyimpanan logistik KPU diperlukan dua tempat yang berbeda, yakni untuk formulir dan sortir surat suara tersendiri terpisah dengan penyimpanan logistik bilik suara. Adapun rencana pelipatan surat suara bertempat di Sekolah SMA PGRI,” ujarnya.

Rudy juga bilang, surat suara pemilu disesuaikan dengan data pemilih tetap (DPT) ditambah 2 persen, sebanyak 256 ribu, 835 surat suara.

Setiap pemilih nantinya akan mendapatkan 5 jenis surat suara.

“Pemilu yang akan datang ada 5 jenis surat suara, yakni surat suara DPD, DPR RI, Pilpres, DPRD Provinsi dan DPRD,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner