Kalsel

KPU Tala Bekali PPK Bimtek Coklik Data Pemilih

apahabar.com, PELAIHARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Laut (Tala) gelar Bimtek Persiapan Pencocokan dan…

Featured-Image
KPU Tala gelar Bimtek Persiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih di Aula KPU Kabupaten Tanah Laut, Selasa (7/07). Foto-Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Laut (Tala) gelar Bimtek Persiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih, Selasa (7/7).

Bimtek ini digelar sebelum memasuki tahap pemutakhiran data penyusunan daftar pemilih Pilkada Kalsel 2020.

Digelar di Aula KPU Kabupaten Tanah Laut, kegiatan dibuka langsung oleh Ketua KPU Tala Arif Muhyar.

Didampingi Komisioner KPU lainnya, hadir pula di acara itu perwakilah pihak Bawaslu Tala lengkap PPK di sana.

Arif Muhyar mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi dan monitoring kegiatan yang sudah dilakukan.

Ia juga menekankan terkait hal status petugas yang benar-benar tidak terlibat dalam partai politik.

Sementara itu, Komisioner KPU divisi Pendidikan Pemilih dan SDM Fendy Haryadi mengatakan Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka memberikan persiapan atau bekal kepada Panitia Pemilih Kecamatan (PPK).

Selanjutnya PPK untuk memberikan bimbingan teknis kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sebelum terjun ke lapangan.

Ia menyampaikan bahwa dalam masa pandemi Covid-19 ini, semua panitia pemilihan termasuk PPDP akan dirapid tes.

Di sisi lain, Rudy Pratikno menambahkan Bimtek teknis pelaksanaan Coklit serentak akan digelar pada tanggal 11-14 Juli 2020, dan Coklit Serentaknya pada 15 Juli 2020.

“Nanti kita semua mengklik website yang akan disediakan KPU RI dengan waktu jam yang sama. Diharapkan nanti setelah dimulainya Bimtek kita mensosialisasikan ke masyarakat, disarankan masyarakat mengklik website tersebut untuk dapat melihat daftar pemilihnya,” jelas Rudy.

Pada Bimtek ini juga diputarkan video gambaran teknis pelaksanaan pencoklitan oleh petugas PPDP. Mereka mendatangi ke rumah-rumah warga dengan menerapkan protokol kesehatan.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner