kesehatan

Kontrol Sugar Cravings untuk Hidup Tetap Manis Tanpa Kelebihan Gula

Sugar cravings adalah kondisi menginginkan makanan atau minuman manis untuk mencegah risiko diabetes.

Featured-Image
Hindari sugar cravings agar dapat mencegah risiko diabetes. Foto: Amplified Soccer

apahabar, JAKARTA – Sugar cravings dapat terjadi kapanpun, bahkan bisa muncul beberapa saat setelah makan. Kondisi ini perlu dikontrol agar tak membahayakan tubuh.

Sugar cravings adalah kondisi ketika tubuh menginginkan makanan atau minuman manis. Sugar craving bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Jika tak dikontrol, kondisi tubuh bisa bahaya karena bisa terkena diabetes.

Saat kita makan, tubuh melepaskan insulin untuk mengatur kadar gula darah. Jika terlalu banyak mengonsumsi gula, maka bisa terjadi lonjakan insulin yang tiba-tiba dan dapat menyebabkan energi menurun.

Menurut American Diabetes Association (ADA), penderita diabetes boleh mengonsumsi makanan manis selama itu adalah makanan yang sehat dan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Terutama bagi penderita diabetes tipe 2, mereka harus benar-benar memperhatikan asupan makanan manis.

Sebab, ketika mengonsumsi gula maka tubuh akan memecahnya menjadi glukosa sehingga meningkatkan kadar dalam darah.

Bagi penderita diabetes tipe 2, tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif untuk memindahkan glukosa dari darah ke dalam sel. Jadi penting untuk memastikan kadar glukosa Anda tidak melonjak terlalu tinggi.

“Menghilangkan camilan sama sekali dari pola makan Anda mungkin akan menjadi boomerang, dan Anda akan semakin menginginkan makanan tersebut. Carilah alternatif makanan yang aman dikonsumsi,” ucap pakar nutrisi, Karen Lau, melansir dari Everyday Health.

Jika sedang merasa sugar craving, pilihlah cemilan yang rendah gula. Tujuannya agar tubuh tak kecanduan gula dan mampu mengatasi sugar craving tersebut. 

Kabar baiknya adalah ada banyak makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi keinginan makan manis.

Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi ketika sedang sugar craving yaitu:

Buah beri

Buah beri seperti stroberi, raspberry, dan blueberry kaya akan serat dan antioksidan yang membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi keinginan makan gula.

Alpukat

Lemak sehat dan serat dalam alpukat dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan. Lemak sehat ini juga meningkatkan penyerapan nutrisi.

Kacang

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan pistachio kaya akan serat, lemak sehat, dan protein, yang dapat membantu Anda tetap kenyang dan sekaligus mengurangi keinginan makan makanan manis.

Kayu Manis

Kayu manis telah terbukti membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat mengurangi keinginan akan gula. Bubuk kayu manis dalam air di pagi hari terbukti meningkatkan kesehatan bagi penderita diabetes.

Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung antioksidan dan lemak sehat yang dapat membantu mengurangi keinginan makan gula dan memuaskan rasa manis anda.

Editor
Komentar
Banner
Banner