Kacang Untuk Mencegah Depresi

Konsumsi Kacang ternyata Bisa Mencegah Depresi

Riset terbaru mengungkapkan, makan kacang setiap hari dipercaya menurunkan depresi hingga 17%. Tapi tak semua kacang bisa dikonsumsi.

Featured-Image
Mengonsumsi kacang untuk menurunkan depresi. Foto: dok. frepik

bakabar.com, JAKARTA - Riset terbaru mengungkapkan memakan kacang setiap hari dipercaya menurunkan depresi sebanyak 17%. Tapi tak semua kacang bisa dikonsumsi.

Para peneliti melihat data dari UK Biobank, sebuah database online yang berisi catatan medis dan gaya hidup warga Inggris. Melalui data tersebut lebih dari 13 ribu warga tidak melaporkan depresi mereka dari 2007 hingga 2020.

Dari fakta ini diketahui juga bahwa banyak warga yang mengonsumsi satu porsi kacang setiap hari, dan ternyata berpengaruh pada rendahnya depresi karena  mengonsumsi kacang bagian dari gaya hidup yang sehat.

"Temuan ini menunjukkan pilihan makanan atau nutrisi keseharian dapat mempengaruhi kesehatan mental," ujar Kelsey Costa, konsultan diet dan nutrisi, di National Coalition, dilansir Healthline

Gabriel Lyon, pendiri Muscle Centric Medicine, mengungkapkan seseorang yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan meningkatkan perilaku hidup sehat seperti olahraga dan kualitas tidur, yang dapat menurunkan risiko gangguan mood.

Baca Juga: Jangan Salah, Kenali Beda Gejala Depresi di Perempuan dan Laki-laki

"Zat dalam kacang dapat membantu tubuh mengolah stress lebih baik, meningkatkan kesehatan usus dan otak," kata Costa.

Kacang memiliki banyak kandungan baik seperti omega-3, vitmin E, magnesium dan serat untuk kesehatan tubuh.

Jenis Kacang dan Cara Mengonsumsi

Jenis kacang yang baik dikonsumsi dan bermanfaat menurunkan depresi. Foto: dok. freepik
Jenis kacang yang baik dikonsumsi dan bermanfaat menurunkan depresi. Foto: dok. freepik

Beberapa jenis kacang yang direkomendasi adalah kacang kenari, almond, kacang pistachios dan kacang mete. Dengan mengonsumsi tidak lebih dari 30 gram perhari atau satu genggaman kecil, untuk menghindari konsumsi berlebih yang dapat merugikan tubuh.

Selain itu dalam kacang mete mengandung triptofan atau asam amino berfungsi sebagai prekursor serotonin yang meningaktkan suasana hati dan mengurangi depresi serta membuat tidur lebih berkualitas.

"Kadar gula darah yang stabil juga dikatikan dengan suasana hati yang lebih baik dan risiko depresi yang lebih rendah," kata Dr. Gabrielle Lyon, pendiri Muscle Centric Medicine.

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Rentan Depresi

Lyon memberikan tips aman untuk mengonsumsi kacang tersebut diantaranya menggorengnya dengan seed oils dan sedikit garam, serta sebagai bahan tambahan dalam menu makan sehat harian, seperti oats, roti gandum, dan lainnya.

Namun mengonsumsi kacang dianjurkan tidak berlebihan, jika depresi semakin meningkat ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan seorang profesional pada bidangnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner