Hara Hachi Bu

Konsep Hara Hachi Bu, Makan Tidak Sampai Kenyang untuk Umur Panjang

Pernah mendengar istilah Hara Hachi Bu? Istilah untuk tidak makan sampai kenyang ini menjadi budaya di Jepang.

Featured-Image
Hara Hachi Bu menjadi budaya Jepang untuk makan tidak sampai terlalu kenyang. Foto: eggeeggjiew/istock photo

bakabar.com, JAKARTA – Pernah mendengar istilah Hara Hachi Bu? Istilah untuk makan tidak sampai kenyang ini menjadi budaya di Jepang.

Melansir Cleveland Clinic, "Hara Hachi Bu" adalah sebuah konsep makanan tradisional dari pulau Okinawa, Jepang, yang memiliki hubungan dengan gaya hidup sehat dan umur panjang.

Frasa ini dalam bahasa Jepang berarti "makan sampai 80% kenyang" atau "berhenti makan saat merasa 80% kenyang."

“Ini adalah saran yang bagus untuk orang yang makan berlebihan yang sedang belajar bagaimana mengisi perut mereka secukupnya saja,” kata Psikolog Susan Albers, PsyD, dikutip dari Cleveland Clinic.

Baca Juga: Binge Eating Disorder (BED): Gangguan Makan Berlebih, Pemicu Obesitas

Konsep ini mengajarkan bahwa kita seharusnya tidak makan berlebihan atau makan sampai kenyang sepenuhnya, tetapi berhenti makan ketika kita merasa cukup kenyang, tetapi belum terlalu kenyang.

Ilustrasi Hara Hachi Bu. Foto: kazoka30/istock photo
Ilustrasi Hara Hachi Bu. Foto: kazoka30/istock photo

Hara Hachi Bu adalah salah satu faktor yang diyakini berkontribusi pada umur panjang dan kesehatan yang baik di Okinawa. Orang Okinawa dikenal memiliki harapan hidup yang lebih tinggi daripada rata-rata penduduk Jepang dan dunia.

Prinsip Hara Hachi Bu membantu mengendalikan asupan kalori dan mendorong pola makan yang lebih seimbang.

Konsep ini juga mengajarkan kesadaran terhadap makanan dan tubuh kita sendiri, membantu menghindari overeating, dan mendukung pemeliharaan berat badan yang sehat.

“Jika Anda kesulitan makan terlalu sedikit, cobalah makan dengan porsi kecil lebih sering untuk membantu Anda mengatasi perasaan ini, menargetkan 80% penuh harus menghindari memicu sensasi 'terlalu penuh'," jelas Dr. Albers.

Dengan menerapkan prinsip Hara Hachi Bu, orang dapat menghindari masalah kesehatan yang terkait dengan kelebihan berat badan dan pola makan berlebihan.

Penting untuk diingat bahwa Hara Hachi Bu hanyalah salah satu bagian dari gaya hidup sehat yang lebih besar yang dianut oleh masyarakat Okinawa dan dapat menjadi inspirasi bagi orang-orang di seluruh dunia yang mencari cara untuk hidup lebih lama dan lebih sehat.
Editor


Komentar
Banner
Banner