Bantuan RTLH

Komisi III DPRD Kalsel Pantau Program Bantuan RTLH

Komisi III DPRD Kalsel memastikan Program Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 2023 yang dilaksanakan Disperkim Kalsel) terealisasi sesuai harapan masyarakat.

Featured-Image
Komisi III DPRD Kalsel memastikan Program Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 2023 yang dilaksanakan Disperkim Kalsel) terealisasi sesuai harapan masyarakat. Foto-Humas DPRD Kalsel

bakabar.com, PELAIHARI - Komisi III DPRD Kalsel memastikan Program Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 2023 yang dilaksanakan Disperkim Kalsel) terealisasi sesuai harapan masyarakat.

Komisi III lakukan peninjauan langsung ke rumah warga yang mendapatkan bantuan program tersebut di Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut.

Disela peninjauan, Wakil Ketua Komisi III HM Rosehan NB selain menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Kalsel dan Disperkim Kalsel yang sudah merealisasikan keinginan dan harapan masyarakat melalui program bedah rumah.

Pihaknya juga berharap ke depan Pemerintah Provinsi Kalsel dapat merealisasikan pengerukan sungai-sungai di kawasan Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati, mengingat daerah ini tahun lalu terkena bencana banjir yang luar biasa.

“Ada satu keinginan warga disini juga kalau bisa sungai itu dikeruk.

Jadi ambang batas ketinggian air sungai itu bisa turun.

Sehingga pada saat ada banjir dadakan atau banjir akibat hujan, mereka tidak terkena dampak yang luar biasa,” ungkap politisi Partai PDIP yang akrab disapa Julak Rosi ini.

Sementara Sekretaris Komisi III H Gusti Abidinsyah menambahkan, dirinya berharap pagu anggaran dari Program RTLH senilai 20 juta per unit dinaikkan menjadi 30 juta per sehingga penanganan masalah sanitasi menjadi bagian dari program ini.

Termasuk berharap adanya penambahan jumlah unit yang mendapatkan program ini.

"Kami mohon, mudah-mudahan dana ini bisa dinaikkan dari 20 juta menjadi 30 juta. Jadi sekaligus sanitasinya. Termasuk kalau bisa jumlah unitnya juga diperbanyak," tutur politisi partai Demokrat.

Sementara itu salah satu warga Desa Pandahan yang mendapatkan Program Bantuan RTLH, Halimatus Sa’diyah dengan ekspresi gembira menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, Ketua DPRD Kalsel dan Anggota khsusunya Komisi III, atas bantuan perbaikan rumah yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi melalui Disperkim Kalsel.

"imung banar ulun, kada kebanjiran lagi," ungkap Halimatus. 

"Senang sekali saya, bahagia sekali tidak kebanjiran lagi saya. Dulu sedih bila hujan turun, sekarang hati tenang bisa tidur,” ucap ibu rumah tangga ini. 

Editor
Komentar
Banner
Banner