Bentrok Seruyan

Komisi III DPR RI Akan Tinjau Langsung Warga Seruyan Kalteng

DPR RI berencana melakukan kunjungan kerja ke Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng). Mereka akan meninjau langsung lokasi bentrokan di kebun sawit Seruyan.

Featured-Image
Konflik agraria susulan di Seruyan, Kalimantan Tengah, merenggut korban jiwa, Sabtu (7/10), Gijik, seorang warga tewas saat warga aksi menuntut kebun sawit plasma dari perusahaan, PT Hamparan Massawit Bangun Persada (HMBP). Foto: Mongabay

bakabar.com, JAKARTA - DPR RI berencana melakukan kunjungan kerja ke Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng). Mereka akan meninjau langsung lokasi bentrokan di kebun sawit Seruyan.

“Mungkin Komisi III akan kunjungan ke wilayah kerja Polda Kalteng,” kata anggota Komisi III DPR RI, Santoso kepada bakabar.com, Rabu (11/10).

Selain itu, Mabes Polri juga telah menerjunkan tim khusus (timsus) demi mengusut kasus penembakan warga Seruyan.

Baca Juga: Kompolnas Terjun Investigasi Bentrokan Maut Seruyan Pekan Depan

Baca Juga: Nama Besar Best Group Bertengger di Konflik Sawit Seruyan

Sebelumnya, bentrokan terjadi saat warga Seruyan menggelar demo untuk menuntut hak pada perusahaan perkebunan sawit PT HMBP. Mereka menuntut PT HMBP I memberikan kebun plasma sebanyak 20 persen untuk kepentingan hidup masyarakat adat.

Sementara perusahaan tersebut menolak dan hanya akan memberikan lahan seluas 235 hektar untuk masyarakat. Namun, warga meminta 443 ha untuk dikelola.

Seorang warga menjadi korban penembakan. Korban merupakan satu dari puluhan peserta demo yang telah berlangsung selama 23 hari.

Editor


Komentar
Banner
Banner