Kalsel

Kolaborasi WALHI dan IPNU, Dialog Melawan Sampah Digelar Besok

apahabar.com, MARTAPURA – Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Komisariat…

Featured-Image
Poster acara “Jihad Melawan Sampah dan Limbah”. Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA –Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Komisariat Darussalam akan menggelar Halaqoh Lingkungan bertajuk “Jihad Melawan Sampah dan Limbah”.

Kegiatan itu dilaksanakan untuk memperingati Hari Sampah Nasional pada 21 Februari. Jika tidak ada aral, dialog akan digelar di RTH Ratu Zalecha Martapura, Kabupaten Banjar, Jumat (21/02) dari pukul 14.00 hingga selesai.

Ada tiga pemateri yang mengisi dialog tersebut yaitu Direktur Eksekutif WALHI Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono, Khairullah Zain dari AMANNA Community, serta Gusti Marhusin dari LPBI PWNU Kalsel.

“Generasi Milenial harus dikenalkan tentang pentingnya menjaga lingkungan. Pun kaum santri, harus mengkaji fikih lingkungan atau fiqhul bi’ah,” ujar Khairullah Zain kepada bakabar.com, Rabu (20/02).

Ustaz Khairullah, begitu kerap ia disapa, menjelaskan sudah banyak kitab karya ulama fikih dahulu yang menulis tentang lingkungan. Namun, ia menilai masih jarang yang mengkaji dan mendakwahkan isinya.

“Karenanya, sebagai alumnus Lembaga Pendidikan Fikih Ma’had ‘Aly Darussalam, saya merasa bertanggungjawab mengenalkan fikih lingkungan kepada generasi muda, khususnya kaum santri,” paparnya.

Khairullah nantinya bakal fokus membicarakan lingkungan dalam perspektif hukum Islam atau fikih lingkungan.

Sementara Gusti Marhusin, Lurah Sekumpul yang sukses dengan Bank Sampah Sekumpul sekaligus Ketua LPBI NU Kalsel bakal berbagai pengalaman bagaimana mengelola sampah.

Lalu, Kisworo Dwi Cahyono akan berbicara tentang kondisi lingkungan secara global, misalnya bagaimana pentingnya menjaga lingkungan dan banyak hal lainnya.

“Tujuan kita tumbuhnya kesadaran di kalangan generasi milenial, pentingnya menjaga dan merawat lingkungan, khususnya penanganan sampah dan limbah,” pungkas Khairullah.

Baca Juga:KPU Beber Hasil Sidang Asusila Oknum KPU Banjarmasin

Baca Juga: Balangan Minim Tenaga Kerja Konveksi, DPRD Ungkap Sebabnya

Baca Juga: Kurang Arsiparis, Pemkot Banjarmasin Andalkan Tenaga Kontrak

Baca Juga:Kebakaran Toko Bangunan di Anjir, Polisi Amankan Kabel Kawat

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner