Pemkot Banjarmasin

Kolaborasi Pemkot Banjarmasin dan Kemenpora, Wujudkan Ekosistem Kewirausahaan Kuat

Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor memberikan sambutan pada kegiatan Pengembangan Kewirausahaan Pemuda untuk mendukung penciptaan ekosistem kewirausaha

Featured-Image
Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor memberikan sambutan pada kegiatan Pengembangan Kewirausahaan Pemuda untuk mendukung penciptaan ekosistem kewirausahaan. Foto: Humas

bakabar.com, BANJARMASIN - Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor menghadiri kegiatan Pengembangan Kewirausahaan Pemuda untuk mendukung penciptaan ekosistem kewirausahaan di Banjarmasin, yang berlangsung di Ballroom Hotel Galaxy, Selasa (30/07/2024).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI, Ir Hendro Wicaksono.

Arifin menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kerjasama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dengan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin yang telah melaksanakan dan memfasilitasi kegiatan tersebut.

“Kewirausahaan bukan hanya tentang bagaimana memulai usaha, tetapi juga tentang bagaimana berpikir kreatif, inovatif, serta mampu menghadapi tantangan dengan solusi yang efektif. Melalui kegiatan ini, diharapkan para pemuda dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan inspirasi untuk bisa menjadi wirausaha yang sukses,” ujar Arifin Noor.

Arifin Noor juga menyampaikan keyakinannya bahwa dengan bimbingan dan dukungan yang tepat, Kota Banjarmasin akan melahirkan banyak wirausaha muda yang mampu menciptakan lapangan kerja dan memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi lokal dan nasional.

Pemerintah Kota Banjarmasin telah menginisiasi program unggulan “Kawal Inkubator Bausaha Tanpa Bunga atau Bahuma” yang memberikan akses bantuan permodalan bagi pelaku wirausaha baru, termasuk pemuda, tanpa beban bunga.

“Program ini sudah berjalan selama 3 tahun, hasil kerjasama antara Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja dengan Bank Kalsel cabang utama Banjarmasin. Banyak alumni lulusan Kawal Inkubator yang telah naik kelas dan menghasilkan produk berkualitas,” jelasnya.

“Pemerintah siap merangkul, karena kita ada program yang namanya BAHUMA (Bausaha tanpa Bunga) dengan Bank Kalsel dari 3 tahun yang lalu. Artinya media ini kita manfaatkan untuk para pemuda di Kota Banjarmasin agar lebih semangat, berjuang, dan berinovasi," pungkasnya.

Wawali berharap sinergi antar pihak terus diperbanyak dan diperkuat untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan yang kondusif serta membawa manfaat berkelanjutan bagi perkembangan sektor kewirausahaan dan perekonomian di Indonesia, khususnya di Kota Banjarmasin.

Editor
Komentar
Banner
Banner