Tak Berkategori

Kisah Korban Kebakaran Alalak, Pergi Jaga Bandsaw Rumah Warisan Ludes

apahabar.com, BANJARMASIN – Kebakaran yang melanda permukiman di Gang Swadaya Tani RT 10, Kelurahan Alalak Selatan,…

Featured-Image
Aparat dari kepolisian memasang garis polisi di depan rumah Hakim yang diduga pelaku pembakar rumahnya sendiri. Foto-apahabar.com/Ahya Firmansyah

bakabar.com, BANJARMASIN – Kebakaran yang melanda permukiman di Gang Swadaya Tani RT 10, Kelurahan Alalak Selatan, Minggu (7/4) malam, menyisakan kepiluan tersendiri bagi para korban.

Dari amukan si Jago Merah itu, sebanyak lima buah rumah habis terbakar tanpa menyisakan barang sedikit pun untuk bisa diselamatkan pemiliknya.

Dari pantauan bakabar.com, semua itu disebabkan pondasi bangunan rumah yang didominasi kayu. Api pun cepat menjalar menghanguskan rumah di sana.

Baca Juga: Cekcok Suami Istri Diduga Picu Kebakaran di Alalak Selatan

Dari kelima rumah tersebut salah satunya milik Awaisul, atau keluarga dari Romi. Awaisul bersama Romi sama-sama menempati rumah yang sudah lama ditinggali karena merupakan peninggalan warisan keluarga.

Malang nian nasib Awaisul bersama keluarga. Ia menjadi korban kebakaran yang tidak disangka-sangka. Apalagi, Awaisul menceritakan saat sebelum terjadi kebakaran, ia sedang mengerjakan pesanan membuat rak sepatu orang.

“Itu masih ada sisa catnya, baru selesai dicat malam ini. Selesai mengerjakan itu saya tinggal pergi bekerja seperti biasanya,” kata Awaisul yang diketahui sehari-hari bekerja sebagai penjaga malam disebuah Bandsaw di Alalak.

Awaisul bercerita kalau ia dan keluarga sama-sama sedang tidak berada di rumah. “Tadi saudara serumah yang menghubungi, minta saya mengecek lihat ada kebakaran di gang tempat tinggal. Sesampainya di sini ternyata rumah saya sudah ludes terbakar,” ungkap Awaisul.

Ia pun mengalami kerugian, sebab tidak sempat menyelamatkan harta benda apapun miliknya. Terlebih ada keponakannya yang masih berstatus sekolah dasar.

Baca Juga: Api di Alalak Selatan, Warga Tak Sempat Selamatkan Kendaraan

“Habis semua, surat-surat berharga, KTP, Kartu Keluarga dan lain-lainnya semua ada di dalam rumah. Apalagi keponakan saya masih sekolah, sebentar lagi menghadapi ujian, tapi syukur kami selamat,” kata Awaisul dengan nada yang berat.

Kebakaran sendiri diduga akibat perbuatan sengaja salah satu pemilik rumah yang juga terbakar milik Hakim.

Diduga Hakim membakar rumahnya sendiri. Hal ini dipicu karena Hakim kesal kepada sang istri dan terus-terusan mengancam membakar rumahnya. Ternyata cekcok sepasang suami istri ini berbuntut panjang, sampai Hakim kalap mata tanpa pikir panjang benar-benar membakar rumah.

Namun sangat disayangkan, tindakannya tersebut ikut membawa nasib nahas bagi tetangga, membuat mereka juga ikut kehilangan rumah.

“Hakim ini sudah sejak sore tadi berkelahi dengan istrinya. Mengancam-ancam akan membakar rumah, tapi kami tidak menyangka itu benar-benar dilakukannya,” sebut Ahmadin Ketua RT 10.

Baca Juga: Alalak Selatan Geger, Api Merayap Saat Warga Terlelap

Sampai berita ini diturunkan, Hakim sendiri sampai saat ini masih buron. Saat sebelumnya ada warga mencoba menahan Hakim, namun itu tidak berlangsung lama, Hakim kemudian melarikan diri.

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner