Habar Ramadan

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

Di bulan Ramadan yang penuh berkah, muslim tentu ingin memperbanyak amal ibadah mereka. Di antara amal kebajikan yang dapat dikerjakan pada bulan mulia ini adal

Featured-Image
Ilustrasi. foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Di bulan Ramadan yang penuh berkah, muslim tentu ingin memperbanyak amal ibadah mereka. Di antara amal kebajikan yang dapat dikerjakan pada bulan mulia ini adalah sedekah. Utamanya ada pahala istimewa bagi yang bersedekah di bulan Ramadan.

Melalui hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW mengatakan bahwa sedekah yang utama ditunaikan pada bulan Ramadan.

أَفْضَلُ الصَّدَقَةِ صَدَقَةٌ فِي رَمَضَانَ

Artinya:Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang ditunaikan pada bulan Ramadan." (HR Tirmidzi)

Rasulullah SAW juga diketahui mengeluarkan sedekah yang berlimpah pada bulan Ramadan. Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Ihya' Ulumiddin mengemukakan:

"Sebagaimana Rasulullah SAW paling banyak bersedekah di bulan Ramadan. Sampai-sampai beliau yang mulia menghabiskan sebagian besar harta untuk bersedekah."

Said Hawwa dalam bukunya Al-Islam, menuturkan pula:

"Pada bulan puasa (Ramadan), Rasulullah SAW sangat pemurah dan dermawan sehingga frekuensi dan kualitas kemurahan dan kedermawanan beliau diumpamakan melebihi angin yang berembus."

Umat Islam yang hendak meniru apa yang dilakukan oleh beliau, bisa memulainya dengan bersedekah kebaikan apa saja, misalnya memberi makan pada waktu buka puasa. Boleh dengan memberikan minuman atau makanan ketika jam berbuka kepada mereka yang sebelumnya melaksanakan puasa Ramadan seharian penuh.

Baca Juga: Simak Cara Sedekah Ala Rasulullah!

Pahala Sedekah di Bulan Ramadan

Sedekah di bulan Ramadan bisa dilakukan dengan memberikan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa. Rasulullah SAW bahkan pernah mengungkap ganjaran yang akan diterima orang yang bersedekah pada bulan Ramadan melalui sabdanya. Diriwayatkan Zaid bin Khalid Al-Juhani, Rasulullah SAW menuturkan:

"Barang siapa yang memberikan orang berbuka puasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berbuka tersebut tanpa dikurangi sedikit pun." (HR Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Majah & Ahmad)

Sementara pahala orang yang berpuasa sehari saja di jalan Allah SWT, Rasulullah SAW kabarkan dalam hadits riwayat Abu Sa'id Al-Khudri. Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ صَامَ يَوْمًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ بَاعَدَ اللهُ وَجْهَهُ عَنْ النَّارِ سَبْعِينَ خَرِيفًا

Artinya:"Barang siapa yang berpuasa sehari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka sejauh 40 tahun." (HR Bukhari & Muslim)

Raghib As-Sirjani dalam buku Ihya 345 Sunnah Nabawiyah; Wasa'il wa Thuruq wa Amaliyah yang diterjemahkan Andi Muhammad Syahrir, berpendapat mengenai hadits pahala berpuasa:

"Inilah yang akan kita dapatkan jika kita memberikan makanan berbuka puasa kepada orang-orang yang sedang berpuasa. Tentu hal yang sangat baik jika menginfakkan beberapa uang untuk dibelikan makanan buka puasa yang sederhana, tetapi pahalanya sangat besar."

Baca Juga: Amalan-Amalan Bermuatan Sedekah Menurut Rasulullah SAW

Pada hadits lain yang dinukil dari buku Agar Timbangan Menjadi Berat oleh Budi Handrianto, Rasulullah SAW juga sebutkan ganjaran yang diterima orang yang mengerjakan amalan sunnah di bulan Ramadan.

"Wahai manusia, sesungguhnya kamu akan dinaungi oleh bulan yang senantiasa besar lagi penuh keberkahan, yaitu bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, bulan yang Allah SWT telah menjadikan puasanya suatu kewajiban dan salat malam di malam harinya sebagai suatu amalan sunnah. Barangsiapa yang mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan suatu pekerjaan kebajikan (amal sunnah) di dalamnya samalah ia dengan orang yang menunaikan suatu ibadah wajib di bulan yang lain. Dan barangsiapa yang menunaikan suatu amalan wajib di dalamnya samalah dia dengan orang yang mengerjakan 70 amalan wajib di bulan lain. Ramadan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga." (HR Ibnu Khuzaimah)

Selain itu, Said Hawwa dalam bukunya juga mengemukakan sedekah wajib yang diperintahkan Rasulullah SAW untuk dikeluarkan pada bulan Ramadan, yakni zakat fitrah. Zakat fitrah berlaku bagi tiap-tiap diri kaum muslim, baik yang masih anak kecil hingga lansia.

Baca Juga: Pesan Rasulullah: Bertutur Kata Baik Pengganti Sedekah

Editor


Komentar
Banner
Banner