Kalteng

Ketua DPRD Barut Kali Ini Jatah Partai Demokrat

apahabar.com, MUARA TEWEH – Partai Demokrat mampu menggeser posisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kabupaten…

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Jabar Ekpres

bakabar.com, MUARA TEWEH - Partai Demokrat mampu menggeser posisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah.

Karena mampu menempatkan 5 kader di DPRD Barut, Partai Demokrat dipastikan mendapat jatah Ketua DPRD Barut.

Hasil Pemilu Legislatif 17 April 2019 lalu, Partai Demokrat meraih 5 kursi, disusul PDIP dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masing-masing 4 kursi. Sementara PPP 3 kursi, Nasdem 2 kursi, kemudian PKS, PAN, Golkar dan Partai Hanura masing-masing dapat 1 kursi.

Pada periode 2014 – 2019 lalu tampuk Ketua DPRD Barut ditempati kader PDIP dengan perolehan 6 kursi, Demokrat 4 kursi dan duduk sebagai wakil ketua 1, kemudian PAN dengan 3 kursi, duduk di kursi wakil ketua II,

Kini komposisi itu berubah, Partai Demokrat dapat jatah ketua, PKB dan PDIP duduk sebagai wakil I dan II.

Selain itu pula ada 9 wajah baru bakal menghiasi DPRD Kabupaten Barut periode 2019-2024. Terbanyak legislator anyar berasal dari PKB, yakni 3 orang.

Mungkin ini menandakan PKB sukses dalam regenerasi kader politik, sekaligus mencapai hasil signifikan, dari dua kursi menjadi empat kursi, sehingga berhak mendudukkan kadernya sebagai Wakil Ketua I DPRD Barito Utara.

Tiga muka baru asal PKB adalah Permana Setiawan (Dapil I), Suhendra (Dapil III), dan Benny Siswanto (Dapil IV). Satunya lagi, Sinaryati merupakan petahana yang terpilih kembali di dapil II.

Sedangkan enam caleg terpilih lainnya adalah Iqbal Reza Erlanda dan Riza Faisal (Demokrat), Edi Fran Aji dan Nety Herawati (Nasdem), Muhammad Haris Fitriadi (Gerindra), dan Nuriyanto (PPP).

"25 nama yang telah ditetapkan dalam rapat pleno penetapan dan akan diteruskan kepada Gubernur Kalteng melalui Bupati Barut untuk ditetapkan dan dilantik sebagai anggota DPRD masa bakti 2019-2024," kata Ketua KPU Barito Utara Malik Muliawan.

Jika dilihat dari asal daerah pemilihan, caleg terpilih yang baru kebanyakan berasal dari Dapil Barut IV, Kecamatan Teweh Selatan dan Teweh Baru, yakni lima orang.

Baca Juga: Resmi Jabat Sekda Banjar, Intip Pesan Guru Khalil ke Hilman

Baca Juga: Jabat Sekda Banjar, Percepatan Pembangunan Jadi Atensi M Hilman

Reporter: AHC17
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner