Tak Berkategori

Kesepakatan Bisnis Selama FESyar KTI 2019 Rp 2,6 Triliun

apahabar.com, BANJARMASIN – Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Kawasan Timur Indonesia (KTI) 2019 yang diselenggarakan di Banjarmasin…

Featured-Image
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Herawanto. Foto – apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARMASIN – Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Kawasan Timur Indonesia (KTI) 2019 yang diselenggarakan di Banjarmasin berhasil meraih transaksi Business Matching senilai Rp 2,6 Triliun.

Acara yang di gelar di Duta Mall dan Mercure Hotel 12-14 September 2019 dengan tema “Bergerak Bersama Ekonomi Syariah" mampu melampaui target potensi yang sebelumnya sudah disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi.

Dalam acara penutupan Kepala Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kalimantan Selatan, Herawanto melaporkan, target kesepakan bisnis atau Business Matching FESyar KTI 2019 melampaui FESyar KTI 2018 di Balikpapan sebesar Rp 1,7 triliun.

“Tidak hanya Business Matching perputaran transaksi yang terjadi dalam pameran yang digelar selama tiga hari sebesar Rp 5,34 miliar lebih besar dari tahun lalu yakni Rp 2,2 miliar. Dengan rincian transaksi tunai sebesar Rp 1,78 miliar, transaksi non tunai sebesar 1,68 miliar rupiah dan melalui akad sebesar Rp1,9 miliar,” kata Herawato, Sabtu (14/09).

Dia menjelaskan ekonomi Syariah atau ekonomi Islam bersifat inklusif, tidak hanya eksklusif untuk umat Islam saja.

Sementara, kesinambungan proses Green Economy sebagai gagasan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat, sekaligus mengurangi risiko kerusakan lingkungan secara signifikan sebagai perwujudan aplikasi ekonomi Islam yang Rahmatan lil 'Alamin juga turut didukung dalam kegiatan ini.

“Harapannya setelah berakhirnya FESyar KTI 2019, kegiatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah tetap berlangsung dan berproses semakin baik dari hari ke hari di tengah-tengah masyarakat,” sambungnya.

Upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah tidak akan berhenti di sini. FESyar KTI 2019 diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk menyelenggarakan kegiatan lainnya yang serupa terkait pengembangan ekonomi syariah di Kawasan Timur Indonesia.

Baca Juga:Kementerian Perindustrian Lirik Potensi Anyaman Lampit Kalsel

Baca Juga:FESyar KTI Banjarmasin Berpotensi Rp1,4 T dari Business Matching

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner