Tak Berkategori

Kesempatan Kerja untuk Difabel Kian Terbuka

apahabar.com, BANJARMASIN – Tak sedikit kaum difabel yang selama ini dipandang sebelah mata, termasuk untuk urusan…

Featured-Image
Kaum difabel pun terlihat ikut mengantri di Banjarmasin Career Expo 2019. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Tak sedikit kaum difabel yang selama ini dipandang sebelah mata, termasuk untuk urusan pekerjaan. Kini mereka yang mempunyai kekurangan fisik tak perlu risau.

Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Banjarmasin memperlebar bursa kerja, diantaranya diperuntukkan bagi kelompok disabilitas. Hal ini tergambar pada Banjarmasin Career Expo 2019 di Taman Kamboja yang terselenggara dari Senin-Rabu(24/4).

“Kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi penyandang disabilitas untuk berkarir pada sejumlah perusahaan. Untuk itu, secara khusus akan dibuka rekrutmen kerja bagi difabel di Kota Banjarmasin," ucap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina usai membuka secara resmi Banjarmasin Career Expo 2019.

Kesempatan ini, bagi Ibnu jelas menjadi kabar baik untuk teman-teman disabilitas. Sama seperti yang lainnya, kaum difabel ini juga ingin memiliki pekerjaan yang terbilang layak.

Sementara itu, Kepala Dinas UMKM Kota Banjarmasin, Priyo Eko mengungkapkan berdasarkan dari data sistem, terdapat 1.425 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja yang tidak sedikit.

Baca Juga: Mahasiswa dan Lulusan UIN Antasari Dibekali Trik Hadapi Tantangan Kerja

Dari jumlah pekerja sebanyak itu, tenaga kerja difabel tidak sampai 1,2 persen yang berhasil ditempatkan di sektor tenaga kerja formal.

"Ini masih jauh dari harapan. Pemerintah akan melakukan pembinaan karena harus hati-hati dan melihat kondisinya lebih dalam,” terangnya.

Ia juga mengharapkan bahwa dari 1.000 perusahaan yang berada di Banjarmasin Career Expo 2019 ini bisa menerima para difabel.

Sekaligus dalam kegiatan ini pula diharapkan bisa menekan angka pengangguran yang tercatat di Kota Banjarmasin.

“Kegiatan ini untuk mengurangi jumlah penganggur, juga sekaligus memberikan kesempatan pada warga normal maupun difabel,” katanya.

Baca Juga: Kaum Difabel Berharap Bisa Jadi PNS

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner