Sport

Keren, Kalsel Miliki Perenang Elite Terbanyak di Peparnas XVI Papua 2021

apahabar.com, JAYAPURA – Belum juga bertanding, perenang Kalimantan Selatan sudah mendapatkan label the dream team di…

Featured-Image
Alat bantu untuk menopang atlet sebelum berlomba di cabang olahraga renang Peparnas XVI Papua di Arena Akuatik Kampung Harapan, Jayapura. Foto: Antara

bakabar.com, JAYAPURA – Belum juga bertanding, perenang Kalimantan Selatan sudah mendapatkan label the dream team di Peparnas XVI Papua 2021.

Penyebabnya Kalsel tercatat memiliki banyak perenang elite dibandingkan 17 provinsi lain yang akan bertanding di Arena Akuatik Kampung Harapan, Jayapura, Senin (8/11).

Atlet elite sendiri disematkan untuk mereka yang pernah mengikuti event besar, baik single event maupun multievent seperti ASEAN Para Games dan Asian Para Games sejak 2005 hingga 2018.

Seperti dilansir Antara, Minggu (7/11), perenang elite yang memperkuat Kalsel berjumlah 8 orang dari total 25 perenang.

Mereka adalah Mulyadi (S6-100 meter gaya dada putra), Suriansyah (S7-200 meter gaya bebas putra), Rahmad Rizali (S9-400 meter gaya bebas putra), dan Muhammad (S8-400 gaya bebas meter putra).

Kemudian Rahmadi (S9-400 meter gaya bebas putra), Iberamsyah (S11-200 meter gaya bebas putra), Riyanti (S6-100 meter gaya bebas putri) dan Nor Aimah (S7-100 meter gaya dada putri).

Namun demikian, juga terdapat kerugian untuk atlet-atlet elite yang akan bertanding di Peparnas XVI PON 2021.

Sesuai kebijakan Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia dan PB Peparnas, setiap atlet elite hanya boleh mengikuti satu dari dua pilihan nomor lomba.

Pembatasan nomor perlombaan untuk atlet elite tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga regenerasi.

Aturan ini berbeda dengan atlet nasional atau atlet yang belum pernah mengikuti semua event internasional.

Seiring peraturan tersebut, Kalsel masih memiliki 17 atlet nasional yang dapat diturunkan dalam dua nomor sekaligus.

Selain Kalimantan Selatan, provinsi yang banyak memiliki perenang elite adalah Papua dan Jawa Barat dengan masing-masing 7 atlet.

Kemudian Riau dan Jawa Tengah sama-sama memiliki 5 atlet elit. Sumatera Selatan hadir dengan 3 atlet elite di Peparnas Papua.

Adapun Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Jawa Timur dan Papua Barat masing-masing memiliki 2 atlet.

Lalu Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, Bali, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, dan Maluku cuma punya 1 atlet elite.



Komentar
Banner
Banner