pilpres 2024

Kepopuleran Tiga Bacapres 2024 Berdasar Google Trends

Menjelang pesta politik Pemilu 2024, nama Anies Baswedan, Ganjar Pranowo hingga Prabowo Subianto mungkin sudah tak asing di telinga masyarakat.

Featured-Image
Kepopuleran Ganjar, Anies dan Prabowo dari Google Trends. (Foto: dok. Fajar)

bakabar.com, JAKARTA - Menjelang pesta politik Pemilu 2024, nama Anies Baswedan, Ganjar Pranowo hingga Prabowo Subianto sudah tak asing di telinga pembaca.

Tak jarang nama ketiga tokoh tersebut masuk dalam berbagai macam survei, seperti SMRC, SPIN hingga The Matchmaker.

Lantas, bagaimana dengan kepopuleran ketiga tokoh tersebut bedasarkan mesin pencarian Google Trends?

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Lebih Dipercaya Lanjutkan Program Jokowi

Sebagai informasi, Google Trends merupakan layanan yang menyediakan data tentang jumlah pencarian suatu topik atau kata kunci di mesin pencari Google dalam kurun waktu tertentu.

Baca Juga: [FOTO] Relawan Prabowo Terjunkan Pasukan Pembasmi Hoaks

Jadi tak dapat dipungkiri bahwa dengan bantuan Google Trends kita bisa melihat volume pencarian ketiga nama tokoh tersebut.

Dalam 30 hari terakhir, rata-rata pencarian Anies di Google Trends adalah 8, sementara Ganjar di angka 18 sedangkan Prabowo di angka 12.

Hal itu lantas menunjukkan bahwa Ganjar lebih populer dibandingkan Anies dan Prabowo dalam kurun waktu tersebut.

Baca Juga: Relawan Prabowo Siapkan Pasukan Penumpas Hoaks Jelang Pemilu 2024

Kendati begitu, dalam sepekan terakhir, terjadi perubahan. Rata-rata pencarian Anies di Google Trends meningkat menjadi 45, sementara Ganjar meningkat menjadi 62 dan Prabowo di angka 52.

Seirama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai menjadi figur bakal calon presiden potensial yang dipercaya akan melanjutkan program Presiden Jokowi.

Hal ini merujuk dalam survei SMRC bertajuk 'Keberlanjutan vs Perubahan: Persepsi Pemilih Kritis' yang dirilis, Selasa (9/5).

Survei didapat dari pendapat publik yang memotret tiga kandidat calon presiden yang akan melanjutkan atau mengubah kebijakan yang dicanangkan Jokowi.

Editor


Komentar
Banner
Banner