Hot Borneo

Kepercayaan Publik Diklaim Meningkat, Kapolda Kalsel Ucapkan Terima Kasih kepada Masyarakat

Data tersebut sesuai hasil yang diperoleh Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 20-24 Juni 2023 lalu.

Featured-Image
Data tersebut sesuai hasil yang diperoleh Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 20-24 Juni 2023 lalu terhadap 1.220 responden. Foto: Polda Kalsel

bakabar.com, BANJARMASIN - Upaya Polisi Republik Indonesia (Polri) untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat rupanya bukan isapan jempol belaka. 

Meski sempat didera berbagai masalah, lembaga negara yang baru saja berusia 77 tahun pada 1 Juli kemarin ini berhasil bangkit dari keterpurukan.

Usaha mengembalikan kepercayaan masyarakat yang selama ini dilakukan akhirnya berbuah manis. Tingkat kepercayaan masyarakat diklaim meningkat menjadi 76,4 persen.

Data tersebut sesuai hasil yang diperoleh Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 20-24 Juni 2023 lalu terhadap 1.220 responden.

Adapun survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka oleh pewawancara yang terlatih. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. 

Adapun margin of error atau batas kesalahan survei lebih kurang 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 kepercayaan.

Kemudian quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

Melihat hal ini, Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang kembali diberikan masyarakat terhadap Polri.

"Dengan bangga, saya menyambut kabar ini. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan kepada Polri. Ini adalah motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja kami dalam melindungi dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," ujar Irjen Andi Rian.

Irjen Andi Rian juga menekankan pentingnya kerjasama yang erat antara masyarakat dan Polri dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Ia mengajak masyarakat untuk terus melaporkan setiap tindakan kriminal atau aktivitas mencurigakan yang dapat mengancam keamanan wilayah.

Selain itu, dia juga menyampaikan komitmen Polri untuk terus meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas.

Polri akan terus berupaya memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, memperkuat hubungan dengan masyarakat, dan menindak tegas pelaku kejahatan guna menjaga keamanan dan ketertiban.

Dalam menghadapi tantangan ke depan, dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI serta mendukung program-program pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Polri menjadi 76,4% ini merupakan hasil dari upaya kolektif Polri dalam membangun citra positif, transparansi, dan akuntabilitas yang tinggi. 

Irjen Andi Rian optimis bahwa angka tersebut masih dapat terus meningkat di masa depan dengan adanya kerjasama dan sinergi yang lebih baik antara Polri dan masyarakat.

Dengan semakin meningkatnya kepercayaan ini, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih aman dan percaya bahwa Polri adalah mitra yang dapat diandalkan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah mereka.

Editor
Komentar
Banner
Banner