Kalsel

Kemenkumham Kalsel Buat Inovasi Pelayanan Keimigrasian

apahabar.com, BANJARMASIN – Kemenkumham Kalsel melalui Divisi Keimigrasian meluncurkan inovasi pelayanan keimigrasian. Bagi masyarakat yang ingin…

Featured-Image
Divisi Keimigrasian Kemenkumham Kalsel saat melayani masyarakat. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Kemenkumham Kalsel melalui Divisi Keimigrasian meluncurkan inovasi pelayanan keimigrasian.
Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan keimigrasian di Unit Pelaksana Teknis Keimigrasian, bisa menggunakan Aplikasi Antrian Paspor Online, Layanan Eazy Passport, dan Layanan Paspor Simpatik. Terobosan itu memudahkan masyarakat untuk mengurus keimigrasian.

Pelayanan yang prima menjadi fokus utama Divisi Keimigrasian Kemenkumham Kalsel melalui UPT Keimigrasian yang tersebar di Kalimantan Selatan untuk memastikan kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan.

Seperti halnya pelayanan keimigrasian yang gencar dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin sepanjang bulan Februari 2021 ini, dimana untuk layanan nomor antrian paspor semuanya sudah dilakukan secara online sehingga masyarakat tidak lagi perlu mengantri lama di loket pelayanan.

Hanya dengan menginstall aplikasi Layanan Paspor Online yang tersedia di Google Playstore dan App Store, masyarakat yang ingin mendapat pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin akan mendapatkan nomor urut beserta jadwal pelayanan paspor sehingga tidak lagi harus menunggu antrian yang cukup lama.

Selain inovasi dalam hal aplikasi, salah satu terobosan yang diberikan untuk masyarakat adalah dengan adanya layanan Eazy Passport. Layanan Eazy Passport merupakan pelayanan paspor kolektif yang dilakukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan paspor dengan langsung datang ke lokasi pemohon menggunakan mobil unit pelayanan paspor keliling.

Salah satu contoh kegiatan layanan Eazy Passport yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong disambut dengan baik dan antusias karena dirasa sangat mempermudah pelayanan bagi masyarakat.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, Husni Tamrin menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pelayanan Eazy Passport yang sangat memudahkan masyarakat.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Kantor Imigrasi Banjarmasin yang sudah membantu masyarakat untuk mendapatkan paspor dengan mudah dan lancar dalam pengurusannya dengan hadir langsung ke Kantor Kemenag Tabalong," ucapnya.

Tejo Harwanto selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa pelayanan di bidang keimigrasian selalu ditingkatkan guna memaksimalkan kinerja dalam melayan masyarakat.

"Inovasi layanan kita lakukan untuk mempermudah masyarakat, bahkan kita melakukan pelayanan dengan sistem jemput bola, semua itu merupakan komitmen seluruh jajaran keimigrasian untuk memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat," tutup Tejo.



Komentar
Banner
Banner